LEMI Cirebon dan ROHIS SMAN 1 Dukuputang Siapkan Wirausahawan Muda

CIREBON – Lembaga Ekonomi Mahasiswa Islam (LEMI) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Cirebon dan Rohani Islam (ROHIS) SMA N 1 Dukuputang dengan menggandeng jogjakartanews.com, menggelar seminar wirausaha, di aula SMAN 1 Dukuputang, Kamis (19/12/2013) siang kemarin.

Dalam seminar bertemakan ‘Nikmatnya Sukses Diusia Muda’ tersebut, dihadirkan dua pembicara yang dikenal sebagai pengusaha sekaligus motivator muda, Aristianto Zamzami dan Akir Saputra,dan dimoderatori oleh Kabid Kewirausahan sekaligus Ketua LEMI HMI Cabang Cirebon, Ahmad Topik.

Dalam menyampaikan materinya, Aristianto Zamzami yang juga sebagai Direktur PT. Karya Buana Nusantara, memaparkan metode praktis bagaimana menumbuhkan semangat kewirausahaan. Menurut Zami, sapaan akrabnya, untuk menjadi seorang wirausahawan, tidak mudah, namun juga tidak sulit. Selain dibutuhkan keyakinan dan keberanian memulai, seorang wirausaha juga harus konsisten untuk terus belajar,

“Belajar dari kegagalan terutama. Hal ini sering dibicarakan, tapi memang tak mudah untuk melaksanakannya,” tutur Zami yang juga sebagai Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB-HMI) Departemen Kewirausahaan.

Kemudian, imbuh Zami, yang tak kalah penting bagi seorang wirausahawan adalah kejujuran dan sikap rendah hati. Dua sikap itu akan sangat bermanfaat dalam mengelola dan memajukan usaha.

“Orang yang jujur dalam mengelola perushaan insya Allah akan lebih professional, misalnya dalam mengelola keuangan akan lebih akuntabel dan efisien. Sedangkan rendah hati akan meningkatkan kepercayaan mitra usaha kita,” kata Zami yang juga salah satu founder sekaligus redaktur jogjakartanews.com ini.

Sementara Akir Saputra sebagai Pengusaha Aneka Usaha menekankan pada keunggulan menjadi pengusaha serta cara mudah untuk jadi pengusaha. Menurut pembicara yang merupakan lulusan Entrepreneur University ini, untuk menjadi seorang wirausaha harus memiliki Impian, memaksimalkan pengguanaan otak kanan atau action (aksi), dan Kemauan untuk berubah.

“Impian harus diwujudkan dengan sebuah aksi nyata. Dan dalam aksi tersebut, seorang wirausahawan juga jangan mudah puas, dan selalu memiliki kemauan untuk berubah menjadi lebih baik,” paparnya.

Sebelumnya, acara yang dihadiri sedikitnya seratus siswa tersebut dibuka oleh Kepala Sekolah (Kepsek) SMA N 1 Dukuputang, Drs. H. Dedi Adiyanto M.Pd. Dalam sambutannya, Kepsek menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan siswanya kali ini. Kepsek juga berterimakasih kepada LEMI HMI Cabang Cabang Cirebon yang membantu terselenggaranya acara, serta para pembicara yang telah memberikan motivasi dan pengetahuannya kepada para siswa.

“Mudah-mudahan setelah mengikuti seminar ini, siswa-siswa SMA N 1 Dukuputang akan lebih siap menjadi wirausahawan sukses di masa mendatang, sehingga bisa mendorong terciptanya perekonomian bangsa yang lebih maju,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua ROHIS SMAN 1 Dukuputang sekaligus ketua panitia, Elma Elviana.

“Kami sangat termotivasi dan mendapatkan banyak pegetahuan baru tentang wirausaha. Mudah-mudahan acara seperti ini juga dilaksanakan di sekolah-sekolah lain, agar generasi muda memiliki semangat berwirausaha, agar pengangguran dan kemiskinan berkurang di negeri ini,” pungkasnya. (lia)

Redaktur: Rudi F

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com