Produk Kerajinan Indonesia Percaya Diri Hadapi MEA

YOGYAKARTA – Produk kerajinan dan mebel Indonesia dinilai sudah memiliki keunggulan dalam segi kreativitas yang tinggi. Diprediksikan produk kerajinan dan mebel Indonesia mampu menjadi kekuatan Indonesia dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Skretaris Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) DIY, Endro Wardoyo mengatakan, kerajinan di Indonesia memiliki sentuhan tangan yang unggul dibanding produk China. Menurut Endro, produk kerajinan Indonesia secara umum akan memiliki modal bersaing dalam perdagangan pasar bebas.

“Makanya kita harus mempersiapkan sejak dini supaya besok kita benar-benar bisa unggul dalam persaingan MEA,” ujarnya Humat (20/12/2013).

Lebih lanjut Endro menilai, keikutsertaan Indonesia dalam MEA 2015 akan memiliki dampak positif bagi perekonomian Indonesia. MEA kata, Endro, memberikan peluang besar bagi pengusaha untuk berekspansi di negara anggota ASEAN.

“Kalau bagi kami yang sudah siap tentu itu bagus, karena memberikan kesempatan produksi kami untuk berekspansi ke negara-negara ASEAN,” tambahnya.

Namun demikian, untuk mencapai keberhasilan tersebut harus diiringi keseriusan pemerintah dalam memberikan dukungan bagi kalangan pengusaha. Pemerintah juga dihimbau untuk memantau kesiapan para pengusaha. “Bagi pengusaha yang sudah siap tidak masalah, tapi bagi yang belum siap sudah pasti akan keteteran kalau harus berkompetisi dengan industri asing. Makanya pemerintah harus terus memonitoring,” pungkasnya. (ynr)

Redaktur: Azwar Anas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com