Hobi Buat Trompet Datangkan Rejeki Puluhan Juta Rupiah

GUNUNGKIDUL – Hobi membuat trompet dari bahan dasar kardus ternyata dapat mendatangkan pundi-pundi rupiah. Seperti Ari (25) warga Dusun Karangrejek, Desa Karangrejek, Kecamatan Wonosari, yang hobi membuat trompet sejak ia kelas VI SD.

Kala itu saat duduk di bangku kelas VI SD, Ari sering membuat trompet ketika menjelang tahun baru. Bahkan tidak sedikit teman sebayanya yang meminta tolong kepada Ari untuk membuatkan trompet. Dari tahun ke tahun, ia kemudian mempunyai ide untuk menjual trompet hasil karyanya.

“Mulai SMP saya berfikir bagaimana hobi saya membuat trompet itu tidak sekedar hobi tapi juga dijadikan bisnis” ungkap Ari ketika ditemui Jogjakartanews.com disela-sela memproduksi trompet di rumahnya, Selasa (24/12/2013).

Dengan modal yang pas-pasan, kata Ari, ia mencoba memproduksi trompet dalam jumlah yang cukup banyak. Ternyata ide bisnis Ari menjual trompet tahunan itu mendapatkan respons dari masyarakat.

“Dahulu trompet karya saya diambil pedagang-pedagang sekitar Gunungkidul saja. Tetapi sekarang sudah ada yang dari Bantul dan sekitarnya,” katanya.

Ari menjelaskan, harga trompet karyanya dijual dari harga Rp.3000 – Rp.20.000 tergantung bentuk dan tingkat kerumitan membuat trompet. Harga Rp3000 yakni trompet yang hanya berbentuk biasa.

“Itu kalau yang Rp 20 ribu yang berbentuk naga dan semacamnya,” katanya sembari menunjukkan jenis trompet berbentuk naga.

Ketika disinggung omset yang didapat, Ari hanya tersenyum enggan membeberkan omset yang ia dapatkan. Ari mengira-ngira, sejak tanggal (21/12/2013) permintaan trompet sudah mencapai 500 biji per hari.

“Kalau sampai sekarang ya sudah 5 ribu biji lebih trompet saya yang terjual. Kalau soal omset itu saya serahkan kepada istri saya (Sulasih),” ungkapnya. Artinya jika rata-rata harga satu buah Rp 8 ribu dikalikan Rp5000 biji trompet yang terjual, omset penjualan trompet mencapai puluhan juta rupiah. (dit)

Redaktur: Azwar Anas

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com