Karya Wisata Goa Sriti Gelar Pentas Budaya Semalam Suntuk

GUNUNGKIDUL – Menyambut tahun baru 2014, Karya Wisata pengelola Goa Sriti akan menggelar pentas budaya semalam suntuk di kompleks Goa Sriti, Selasa (31/12/2013).
Ketua Pengelola Karya Wisata, Yudy Ristanto mengatakan, untuk menyambut tahun barun 2014 mendatang kami akan menggelar berbagai jenis kesenian. Kesenian yang ditampilkan antaralain jathilan anak-anak, jathilan orang dewasa.

“Itu untuk sore harinya hinga menjelang petang. Kemudian pada malam harinya akan digelar wayang beber,” ungkap Yudy kepada Jogjakartanews.com, Senin (30/12/2013).

Yudy menjelaskan, gelar pentas budaya semalam suntuk untuk memberikan tontonan budaya asli Gunungkidul kepada wisatawan luar kota yang merayakan tahun baru di Goa Sriti. Pihak Karya Wisata memilih wayang beber karena wayang beber saat ini mulai terpinggirkan karena selera masyarakat mulai berganti.

“Dengan dipentaskannya kembali wayang beber harapan kami wayang beber kembali diminati masyarakat dan tidak akan punah atau hanya akan menjadi sejarah,” kata Yudy.

Yudy menambahkan, pentas budaya semalam suntuk juga akan dimeriahkan dengan pesta kembang api. Pesta kembang api dilakukan ketika jam mulai menunjukan pukul 00.01 WIB.

“Tepat pada pergantihan tahun acara gelar budaya ini juga akan ada pesta kembang api. Jadi masyarakat yang ingin merayakan tahun baru sekaligus melestarikan wayang beber datang saja di kompleks Goa Sriti pada malam tahun baru,” pungkas Yudy. (dit)


Redaktur: Azwar Anas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com