Padi Menor Dipanen Para Pejabat

KULONPROGO– Padi Melati Menoreh (Menor) yang merupakan padi varietas unggulan Kabupaten Kulonprogo diklaim sebagai varietas khas yang dimiliki Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Selain itu, Padi Menor menunjukkan jika Kulonprogo telah siap menjadi Kabupaten yang memiliki kemandirian pangan.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo mengatakan padi Menor ini istimewa karena DIY belum punya padi khas yang memiliki karakteristik. Sehingga padi khas yang dimiliki DIY adalah varietas melati yang diberi nama Menor tersebut.

“Dengan berhasilnya pengembangan padi Menor ini, menunjukkan jika daerah (Kulonprogo, red) itu punya kemandirian dalam bidang pangan, berdaulat dalam bidang pangan, memiliki kebanggaan,” kata Hasto Wardoyo.

Sebelumnya, Hasto Wardoyo bersama Ketua MPR RI Sidarto Danusubroto, beserta beberapa pejabat DPR RI mengikuti panen raya padi Menor di Dusun Ngipikrejo Desa Banjararum Kecamatan Kalibawang, Senin (30/12/2013).

Dari kalangan politisi senayan yang hadir dalam kesempatan tersebut adalah Anggota Komisi IV DPR RI dari Dapil Yogyakarta, Juwarto, Anggota Komisi II DPR RI Dra Eddy Mihati MSi. Sementara dari eksekutif hadir Kepala Perum Bulog Divre DIY Awaludin Iqbal, Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian DIY Ir Sarworini Setyobudi Astuti, dan beberapa pejabat dari dinas terkait Pemerintah Kabupaten Kulonprogo.

“Setelah panen ini akan diolah dengan cara yang sangat standar, berasnya menjadi beras kepala, kemudian kadar airnya standar, dan rasanya enak,” pungkas Hasto Wardoyo. (ynr)

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com