Arus Padat Jalan Sempit, Ancam Keselamatan Wisatawan Pantai

GUNUNGKIDUL– Wisata Pantai Selatan Gunungkidul telah menjadi magnet yang mampu menarik ribuan wisatawan dari luar daerah. Tetapi hal itu belum didukung dengan sarana jalan yang mewadahi.

Pantauan Jogjakartanwes.com menyebutkan, jalan menuju pantai masih terlalu sempit hingga bus nyaris bertabrakan dan keselamatan wisatawan pun terancam. Dua jalur menuju wisata Pantai di Kecamatan Tanjungsari maupun Kecamatan Tepus, terpantau padat merayap, Rabu (01/01/2014) siang.

Antrian panjang kendaraan menjadi pemandangan sepanjang jalan menuju kawasan Pantai Gunungkidul. Salah satu penyebab kemacetan yaitu sempitnya jalan menuju pantai. Bus yang melaju dari arah berlawanan, harus ada yang mengalah. Jika tidak, bisa terjadi kecelakaan maut atau bus terperosok ke dalam jurang.

“Nyaris saja tadi di depan saya ada bus yang nyaris masuk jurang. Ngeri, jalannya sempit,” kata salah seorang wisatawan asal Yogyakarta, Ayuk (27).

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Endar Isnianto mengatakan, puncak kemacetan baik di jalan Jogja – Wonosari maupun di jalan menuju kawasan wisata Pantai terjadi pada Rabu (1/1/2014) hari ini. Supaya dapat memecah kemacetan pihak kepolisian dan Dishubkominfo Gunungkidul meberlakukan buka dan tutup jalan.

“Wisatawan yang akan menuju Pantai Baron akan dilewatkan melalui Jl Baron-Karangasem-Hargosari-Tepus-Krakal-Kukup dan pantai Baron. Sedangkan perjalanan pulang dari pantai Baron- Kemadang-Monggol-Trowono-Paliyan ke arah Wonosari dan jalan Gading tujuan Jogja,” jelasnya. (dit)

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com