Berikan Pendidikan Politik untuk Anggota, IKAMSI Gelar Pemilu

YOGYAKARTA – Pesta demokrasi kini tidak hanya di pelajari secara teori di sekolah-sekolah maupun kampus, namun hal itu sudah di terapkan secara langsung oleh mahasiswa Bekasi Daerah Istimewa Yogyakarta (IKAMASI) dengan melakukan pemilihan umum, untuk memilih ketua baru.Ratusan mahasiswa anggota IKAMASI DIY memberikan hak suaranya untuk memilih.

Pemilihan tersebut dilaksanakan secara langsung seperti layaknya pada pemilihan umum (PEMILU) kepala daerah, yang dilakukan pada Minggu (05/01/2014). di Wisma Klenting Kuning, Kaliurang, Sleman.

Sebelum dilakukan pemilihan, setiap calon ketua menyampaikan visi misinya dan berorasi dihadapan para anggota, dan difasilitasi oleh panitia yang dibentuk semacam Komisi Pemilihan Uumum (KPU).

Setelah melakukan orasi, kemudian petugas pemungutan suara (PPS) menyiapkan surat suara calon ketua yang berisi nama yang sudah dicoblos di bilik suara.

Menurut penasihat Ikamasi Propinsi DIY Tri Hadi Wibowo, pesta demokrasi yang dilakukan IKAMSI sebagai salah satu langkah pembelajaran mahasiswa terkait proses pemilihan umum secara langsung.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pendidikan politik kepada mahasiswa daerah asal bekasi yang berada di propinsi DIY.”Ungkapnya Minggu (05/01/2014).

Lebih lanjut ia mengatakan, pesta demokrasi yang diadopsi dengan konsep Pemilu tersebut diharapkan dapat diterapkan pada Pemilu 2014, agar menjadi pemilih yang jujur, adil, tanpa politik uang serta terhindar dari golput.

Tri hadi menambahkan, setelah dilakukannya proses pencoblosan, Petugas Pemungutan suara (PPS) kemudian mengumpulkan perolehan suara dan dilanjutkan dengan proses penghitungan suara.

“Hal ini diharapkan juga dapat membangun kesadaran mahasiswa terhadap substansi demokrasi,” pungkasnya. (ynr)

Redaktur: Rudi F

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com