Rabu, 08/01/2014 16:09 WIB | Dibaca: 922 kali

Tak Mau Rugi Banyak, LPG 12 Kg Masih Tembus 140 Ribu


LPG 12 Kg masih dijual Rp140 ribu. Foto/azwar

YOGYAKARTA - Meskipun harga LPG telah turun Setelah muncul banyak desakan agar Pertamina meninjau ulang kebijakan menaikkan harga LPG 12 Kg, PT Pertamina, pada hari Selasa tepat pukul 00:00 akhirnya memutuskan menurunkan harga gas LPG 12 Kg dari yang semula Rp3.500/Kg menjadi Rp1.000/Kg.

Akan tetapi, kebijakan tersebut tidak berlaku di sejumlah agen dan pengecer LPG di Yogyakarta, pasalnya sebagian agen LPG di Yogyakarta mengaku masih menjual stok lama yang telah dibelinya dan hingga hari ini masih menjual LPG 12 Kg yang tembus mencapai 140 ribu rupiah.

Adanya revisi kenaikan harga gas LPG ukuran 12 Kg mengakibatkan para agen terpaksa menjual LPG dengan harga lama. Meskipun demikian, agen LPG menilai kebijakan revisi harga tersebut dianggap wajar.

Menurut salah seorang pemilik agen LPG yang berada di Jl. Sisimangaraja Kota Yogyakarta, Ahmad menjelaskan, pihaknya masih menjual LPG 12 Kg dengan harga lama yaitu 140 ribu rupiah. Hal itu dilakukan karena pihaknya tak mau merugi.

"Penentuan harga jual ini juga tidak bermaksud melawan pemerintah. Hanya jika mengikuti harga pemerintah maka agen gas akan mengalami kerugian yang sangat banyak," ujarnya, Rabu (08/01/2014).

Lebih lanjut ia menambahkan adanya revisi harga LPG 12 Kg justru masyarakat beralih ke LPG 3 Kg karena lebih murah dibandingkan 12 Kg.

Semenatara itu minat masyarakat untuk membeli gas LPG 3 Kg semakin meningkat namun pasokan yang di peroleh dari Pertamina sangat terbatas. "Stok LPG 3 Kg yang dikirim 2 hari sekali oleh Pertamina langsung habis terjual," tambahnya.

Pihaknya berharap kepada pemerintah untuk menambah pasokan gas LPG yang saat ini masih dibatasi karena meningkatnya jumlah permintaan konsumen agar harga kembali normal. (war)

Redaktur: Azwar Anas

 


 





Baca Juga