Senin, 13/01/2014 10:28 WIB | Dibaca: 923 kali

KPU Pesimis, Partisipan Pemilu Ditarget Hanya 75%


Logo KPU. Foto/doc.istimewa

YOGYAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilu Legislatif 2014 di DIY sebanyak 75 persen. Target ini Ini mengacu pada target KPU RI.

"KPU DIY sendiri mengacu target nasional yaitu 100 persen. Kalau bisa 75 persen labih bagus tapi itu jelas tidak mungkin dengan berbagai kondisi di masyarakat sekarang ini," kata Komisioner KPU DIY Nur Huri Mustofa saat dikonfirmasi, Senin (13/1/2014).

Lebih lanjut Huri mengaku untuk mencapai 100 persen partisipasi itu tidak mudah terpenuhi sebab akan terkendala jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang terus berkurang, selain itu para pemilih banyak yang tidak mengetahui nama-nama Caleg yang akan mereka pilih.

"Sejak DPT ditetapkan hingga tanggal 9 April saat pemilu legislatif misalnya ada yang meninggal, pindah ke luar daerah, selain itu sikap apatisme politik di kalangan masyarakat yang masih tetap ada," jelasnya.

Peningkatan partisipasi publik, menurut dia, merupakan tanggung jawab semua pihak khususnya partai politik itu sendiri. Bagaimana partai politiknya bisa mengenalkan para calegnya ke masyarakat.

"KPU hanya selaku penyelenggara yang tugasnya hanya menyajikan. Sementara yang ditawarkan atau disajikan kan orangnya partai. Oleh karena itu partai harus lebih berperan aktif dalam hal ini," pungkasnya. (ynr)

Redaktur: Azwar Anas

 


 





Baca Juga