Rabu, 19/02/2014 14:57 WIB | Dibaca: 1087 kali

Bandara Adisutjipto Mulai Beroperasi


Salah satu maskapai pernebangan siap beroperasi. Foto/mustakim

YOGYAKARTA - Bandara Adisutjipto Yogyakarta hari ini Rabu (19/2) mulai beroperasi setelah 5 hari tak dibuka pasca hujan abu vulkanik gunung Kelud yang terjadi di Yogyakarta. Penerbangan pertama di bandara Adisutjipto hari ini yaitu garuda Indonesia rute Yogya-Jakarta dengan nomer penerbangan GA 201 pukul 12.05 WIB.

Sebelumnya GM Angkasa Pura 1 Yogyakarta Andi G Wilson mengatakan bahwa Bandara Adisutjipto akan beroperasi pada Rabu (19/2) pukul 06.00 WIB, namun pihak otoritas bandara wilayah tiga Kementrian perhubungan kurang meyakini jika debu vulkanik sudah bersih dari landasan pacu maupun areal bandara dari hasi final check yang dilakukan.

Dari pantauan jogjakartanews.com suasana saat ini dibandara Adisutjipto yogyakarta terjadi penumpukan penumpang di jalur keberangkatan, karena banyaknya penumpang yang sudah melakukan reservasi.

Sementara itu, sejumlah maskapai penerbangan seperti lion air, batik air, wings hari ini Rabu (19/2) memilih tidak melakukan penerbangan dan baru akan melakukan penerbangan dari dan menuju Yogya pada kamis (20/2).

Sehingga antrian panjang di loket maskapai sempat terjadi cukup panjang sekitar kurang lebih 600 meter untuk melakukan perubahan jadwal ataupun membatlkan. Menurut doni penumpang yang ingin menuju balik papan mengaku harus merubah jadwal dari sebelumnya.

"Saya rubah jadwalnya karena hari ini lion belum bisa melakukan penerbangan," ujarnya Rabu (19/2).

Semenatara itu, sebelum proses penerbangan pertama dilakukan oleh pesawat komersil, landasan pacu bandara terlebih dahulu dilakukan uji coba dengan menggunakan pesawat militer milik TNI AU untuk memastikan kondisi landasan siap untuk digunakan.

Dan sekitar pukul 12.27 WIB pesawat garuda indonesia take of dari bandara adisucipto Yogyakarta menuju jakarta dan kemudian disusul dengan sejumlah pesawat lainya yang melakukan landing di bandara adisucipto Rabu (19/02) siang seperti mandala air dan ekspress air. (kim)

Redaktur: Azwar Anas

 


 





Baca Juga