Ini Nomor Telefon untuk Menghubungi Petugas Pengangkut Debu Vulkanik, Gratis


Ribuan karung abu vulkanik Kelud menumpuk di halaman BPBD DIY. Foto/mustakim

YOGYAKARTA - Untuk memastikan Yogyakarta bersih dari debu vulkanik, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY, Didik Purwadi menjelaskan, pemerintah akan mengadakan program "Sabtu Minggu Bersih". Inti dari program tersebut adalah membersihkan debu vulkanik yang masih tersisa dan Sabtu merupakan hari yang tepat untuk dipilih karena dapat bekerjasama membersihkan debu. "Sehingga Senin sudah bisa melakukan promosi wisata."

Meski debu vulkanik sudah dimasukkan ke dalam karung dan sudah dikumpulkan, masih ada sisa-sisa karung yang berisi debu vulkanik yang belum diangkut. Terlebih di dalam perkampungan yang tidak bisa dijangkau mobil.

"Untuk itu, masyarakat bisa menghubungi nomor (0274) 830 07 00 apabila ada masyarakat yang ingin menginformasikan untuk mengangkut karung yang berisi debu vulkanik. Syaratnya harus ditaruh ditempat yang terjangkau mobil," kata Didik.

Didik juga mengungkapkan, dalam menangani bencana debu vulkanik, pemerintah DI Yogyakarta menganggarkan dana sebesar 1,9 miliar. "Itu untuk keperluan berbagai macam. Seperti operasi mobil tangki, karung, alat angkut (angkong) dan masker. Intinya fasilitas untuk mendukung untuk membersihkan abu vulkanik," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik, Prasetyo Adi. (kim)

Redaktur: Azwar Anas


 





Baca Juga