Antisipasi Kisruh Pemilu 2014, Polresta Gandeng Tim Gegana

YOGYAKARTA – Polresta Yogyakarta mengadakan simulasi pengamanan Pemilu 2014 di halaman Stadion Mandala Krida, Jumat (28/2). Dalam simulasi tersebut berbagai macam reka adegan proses sebelum hingga pemilu dipraktikkan secara langsung.

Adegan tersebut di antaranya, mekanisme persiapan kampanye parpol, pengamanan kampanye parpol, pelaksanaan pemilu, dan diakhiri ansisipasi konflik yang terjadi pasca pemilu. Polresta Yogyakarta mengerahkan hampir seluruh unit, regu dan pletonnya dalam acara simulasi tersebut.

Kapolda DIY, Brigjend Pol Haka Astana yang hadir dalam acara itu menegaskan kalau kegiatan tersebut bertujuan untuk membiasakan diri, baik perorangan maupun kelompok pasukan di lapangan. Selain itu, agar pasukan paham dengan tindakan yang mesti diambil.

“Kegiatan ini juga dalam rangka mengawal dan mambantu penyelenggaraan pemilu. Agar Pemilu 2014 nanti berjalan dengan lancar dan demokratis,” ujar Haka Astana.

Untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu 2014, kata Haka Astana, nanti akan dikerahkan ribuan personel, termasuk untuk wilayah Kota Yogyakarta. Sebelumnya juga telah dilaksanakan simulasi pengamanan pemilu di kabupaten Kulon Progo, Gunungkidul, dan Sleman.

Haka Astana menjelaskan, Pemilu 2014 berbeda dengan pemilu yang sebelumnya. Ia menilai, jika konflik pemilu sebelumnya antarpartai, pada Pemilu 2014 konflik berpotensi antar anggota partai sendiri. Hal itu dikarena dalam suatu partai perlu adanya kompetisi.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa, pihaknya akan memerhatikan daerah-daerah perbatasan yang terdapat TPS dan pemilihnya mendaftar dengan menggunakan KTP. “Ini sudah ditentukan oleh KPU dan kami akan antisipasi jangan sampai nanti ada perbedaan persepsi di tempat itu,” ujarnya kepada wartawan.

Diakhir adegan simulasi, dilibatkan pula tim Gegana dari Satuan Brimob DIY yang beradegan mengamankan dan meledakkan bom ke tempat yang lebih aman dari jangkauan masyarakat umum. (kim)

Redaktur : Azwar Anas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com