Jumat, 04/04/2014 20:20 WIB | Dibaca: 1041 kali

Pers Diminta Jaga Integritas dan Independensi dalam Pemberitaan Pemilu


Workshop peliputan Pemilu di Hotel Inna Garuda. Foto: Rudi

YOGYAKARTA - Dewan Pers bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIY menggelar Workshop peliputan pemilu 2014 untuk wartawan media cetak dan media elektronik di Inna Garuda Hotel, Jum'at (04/04/2014) siang.

Acara yang diikuti puluhan wartawan dari berbagai media massa Cetak dan elektronik di Jogjakarta tersebut, dibuka oleh ketua Dewan Pers, Prof Dr Bagir Manan SH MCL. Dalam sambutannya Bagis berharap dengan adanya workshop ini, para wartawan lebih memahami bagaimana melakukan peliputan Berita Pemilu, sehingga bisa mendoronmg terselenggaranyanya Pemilu yang Langsung Umum Bebas Rahasia, Jujur dan Adil.

"Peran pers sangat penting untuk turut menciptakan Pemilu yang berkualitas. Pers harus menjaga integritas dan independensi dalam memberitakan Pemilu," tandas Bagir. Pernyataan Bagir tersebut menanggapi adanya fakta Pemilikik Media yang juga terjun di kancah Politik Pemilu 2014 ini.

Sementara Ketua KPUD DIY Hamdan Kurniawan dalam kesempatan tersebut memaparkan teori dan Penjelasan Undang-Undang tentang Pemilu/Pilkada. Pembicara lainnya, M Ridlo Eisy (Anggota Dewan Pers) mengupas Kode Etik Jurnalistik dan konvergensi media dalam peliputan pemilu/pilkada. Sementara Ketua Bawaslu DIY, M.Najib memaparkan praktik-praktik dan pelanggaran dalam kampanye peserta pemilu/pilkada.

Sementara Nezar Patria (anggota dewan pers) menyampaikan topik pengolahan berita dalam peliputan pemilu/pilkada.
Acara Wokshop yang dimulai sejak Pukul 08.00 WIB, ditutup pada Pukul 11.30 WIB. (now)

Redaktur: Rudi F

 


 





Baca Juga