Selasa, 22/04/2014 18:33 WIB | Dibaca: 938 kali

Membuang Sampah Sembarangan, Merusak Bumi


Seorang massa aksi menempelkan potongan dahan pohon sebagai simbol pohon sedang sakit. Foto/mustakim

YOGYAKARTA - Memperingati hari bumi yang jatuh hari ini, Selasa (22/4/14), puluhan massa mengadakan aksi di titik nol kilometer. Massa berjumlah 20-an yang berasal dari Mapala STIE YKP dan Komunitas Palma UIN Sunan Kalijaga tersebut mengajak masyarakat untuk menjaga bumi.

Dalam aksinya, salah seorang dari massa aksi memakai beberapa tangkai pohon yang diibaratkan pohon yang sedang "sakit". "Pohon ini melambangkan sedang sakit, karena melihat kenyataan sampah yang dibuang masyarakat dengan seenaknya," kata Koordinator aksi, Yohanes Dipa Indrasane kepada wartawan, Selasa (22/4/14).

Menurut Yohanes, membuang sampah pada tempatnya memang tindakan kecil dan sepele. Namun, lanjut Yohanes, apabila dilakukan banyak orang akan dapat terkumpul banyak sampah. "Tidak sekadar membuang sampah. Membuang sampah pada tempatnya bisa berkontribusi untuk menyelamatkan bumi," tuturnya.

Sebelum di titik nol kilometer, massa aksi tersebut melakukan long march dari Tugu hingga titik nol. Di sepanjang jalan, mereka membersihkan sampah yang berserakan. (kim)

Redaktur: Azwar Anas


 





Baca Juga