Minggu, 11/05/2014 16:25 WIB | Dibaca: 1382 kali

Boko Haram, Organisasi yang Dibentuk guna Menciderai Islam


Pemimpin Boko Haram, Abubakar Shekau. Sumber:BBC.co

NIGERIA - Kemarahan dunia terhadap aksi kelompok militan Islamis, Boko Haram di Chibok, Nigeria semakin memuncak. Beberapa pemimpin negara-negara besar di dunia bahkan mengancam tindakan Boko Haram yang menculik 300 siswa di salah satu sekolah di Nigeria.

Ibu Negara Amerika, Michelle Obama dalam pidato kepresidenan untuk pertama kalinya mengecam, tindakan Boko Haram. Michelle mengatakan, seperti dilansir dari BBC, ia dan Obama "marah dan sedih" atas penculikan pertengahan April lalu di Nigeria utara itu.

Boko Haram adalah kelompok militan Islam yang dipimpin Abubakar Shekau. Visi dari Boko Haram adalah meniadakan atau menolak pendidikan gaya Barat. Mereka bahkan melarang kaum perempuan untuk mengenyam pendidikan.

Kemarahan memuncak setelah beberapa hari lalu, pemimpin tertinggi Boko Haram mengunggah video yang menyatakan, dirinya akan menjual ratusan siswa yang berhasil di sandera jika tuntutannya tidak dipenuhi. Presiden Nigeria, Goodluck Jonathan mengatakan, ia tidak akan bisa tidur dengan nyenyak sebelum para siswi itu dibebaskan.

Sementara itu, pemimpin keagamaan Islam tertinggi di Arab Saudi, Sheikh Abdulaziz Al al-Sheikh dalam pidatonya mengatakan, Boko Haram adalah organisasi yang didirikan untuk menciderai agama Islam. Abdulaziz bahkan menyebut kelompok itu sesat. "Mereka telah menunjukkan jalan Islam yang salah," katanya seperti dikutip dari BBC, Minggu (11/5/2014). (war)

Redaktur: Azwar Anas

 

 


 





Baca Juga