Selasa, 22/07/2014 23:11 WIB | Dibaca: 1552 kali

Sultan Jamin Jogja Tetap Aman Paska Pengumuman Hasil Pilpres


Sri Sultan HB X. Foto: doc/istimewa

YOGYAKARTA - Paska Calon Presiden nomor urut 1, Prabowo Subianto memberikan pernyataan sikap untuk menolak apapun hasil penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang diumumkan hari ini, mulai berkembang isu akan terjadinya situasi yang tidak aman. Isu tersebut juga berkembang di kalangan masyarakat Yogyakarta.

Namun demikian, Gubernur DIY, Sri Sultan HBX menyatakan bahwa Daearah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan tetap aman.

Sultan menghimbau masyarakat DIY jangan terpengaruh dengan kabar yang tidak benar tersebut. Sultan juga meminta pada Tim sukses untuk bisa mengondisikan pendukung dan relawannya agar tetap menjaga suasana yang sejuk di DIY.

"Adalah kewajiban kita bersama untuk tetap menjaga suasana agar tetap kondusif di Yogyakarta," tutur Sultan saat menghadiri pertemuan dengan para pimpinan tim pemenangan Capres-Cawapres wilayah DIY di Markas Korem 072/Pamungkas, Selasa (22/07/ 2014).

Pertemuan tersebut dihadiri Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas Brigjen TNI MS Fadhilah, Kapolda DIY Brijen Pol Oerip Soebagyo, Ketua Tim Pemenangan Capres-Cawapres Prabowo-Hatta, Herry Zudianto dan tim pemenangan Pasangan Capres Cawapres Jokowi-JK.

Senada dengan Sultan, Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI MS Fadhilah menyatakan sesuai dengan kesepakatan bersama antara para tim pemenangan Capres-Cawapres, Korem 072/Pamungkas, Polda DIY dan menjadi kebijakan Gubernur DIY, semua pihak harus menahan diri dan tidak melakukan aktivitas yang bisa memicu situasi yang tidak kondusif di Yogyakarta.

"Kami akan membantu menciptakan situasi yang aman dan tentram di Yogyakarta. Kami harap semua pihak bisa bekerja sama untuk tetap menjaga kedamaian di Yogyakarta," kata Danrem.

Sementara Kapolda DIY Brigjen Pol Oerip Soebagyo menyatakan pihaknya juga akan bekerja keras untuk mengamankan situasi di Yogyakarta pasca pengumuman hasil Pilpres, selain mengamankan tentunya pengamanan arus mudik Idul Fitri 1435 H melalui operasi ketupat Progo 2014.

Terkait apakah akan ada penambahan personil? Kapolda menyatakan saat ini belum ada.

"Oleh karenanya sesuai yang disampaikan Bapak Gubernur,dan Danrem, masyarakat Yogya dihimbau agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban," pungkasnya. (yud)

Redaktur: Rudi F

 

Berita Terkait

 





Baca Juga