Rabu, 17/09/2014 21:57 WIB | Dibaca: 1998 kali

Besok KASAD Diagendakan Isi Kuliah Umum Proxy War di UGM dan UNY


doc/istimewa

YOGYAKARTA - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo direncanakan akan berkunjung ke Yogyakarta, besok, Kamis (18/09/2014).

KASAD akan mengisi kuliah umum tentang proxy war di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Berdasarkan informasi Kepala Penerangan Korem 072/Pamungkas, Mayor. Inf. Munasik, diagendakan, KASAD mengisi kuliah umum di UGM pukul 08.30 WIB, bertempat di Gedung Graha Saba UGM. Agenda selanjutnya pada Pukul 12.00, KASAD akan memberikan pengarahan di Makorem 072/Pamungkas, dan dilanjutkan pada Pukul. 14.00 di Auditorium UNY untuk mengisi kuliah umum.

Sekadar Informasi, Sejak menjabat Pangkostrad, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo sudah sering mengisi kuliah umum dengan materi Proxy War. di universitas-universitas negeri di Indonesia

Diantaranya di Universitas Indonesia (UI), Senin (10/03/2014) lalu, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengisi Kuliah umum bertajuk “Peran Pemuda dalam Menghadapi Proxy War” yang digelar di Balai Sidang UI kampus Depok. 

Perang Proxy atau Proxy War merupakan perang antara dua pihak yang tidak saling berhadap-hadapan namun menggunakan pihak ketiga untuk mengalahkan musuh.

"Perang proxy tidak dapat dikenali secara jelas siapa kawan dan siapa lawan karena musuh menggunakan dan mengendalikan actor non state," tuturnya waktu itu.

Ia berpesan, pemuda sebagai tulang punggung bangsa harus menyadari bermacam tantangan dan ancaman bangsa tersebut untuk kemudian bersatu padu dan bersinergi menjaga keselamatan bangsa dan negara. Cinta dan peduli akan kepentingan negara harus menjadi kepentingan tertinggi diatas kepentingansegala-galanya.

Kasad juga dikenal dekat dengan dengan kalangan intelektual kampus. Dalam acara halal bi halal dengan para rektor Universitas Negeri di Indonesia yang dilaksanakan  di Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Selasa (19/08/2014) lalu, Kasad mengungkapkan bahwa memperkokoh kebersamaan dan kekeluargaan yang harmonis antara civitas akademika khususnya jajaran Universitas Negeri  dengan TNI AD adalah sesuatu yang penting dalam menghadapi dan mengatasi berbagai permasalahan bangsa yang dihadapi saat ini. (yud/penrem 072/pmk)

Redaktur: Rudi F

 

 


 



Terpopuler


Baca Juga