Rabu, 12/11/2014 22:31 WIB | Dibaca: 4663 kali

Inilah Pengalihan Isu Kenaikan Harga BBM yang Biasa Muncul


Ilustrasi/jogjakartanews.com

YOGYAKARTA – Rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang akan segera direalisasikan pemerintah Joko Widodo - Jusuf Kalla (Jokowi-JK) menuai pro kontra masyarakat.

Aksi demonstrasi menolak kenaikan BBM sudah merebak se antero negeri, namun di sisi lain para loyalis pemerintah pendukung kenaikan harga BBM mencoba meyakinkan masyarakat dengan berbagai cara, salah satunya juga menggunakan pengalihan isu melalui media massa partisan.

Menurut pengamat kebijakan publik, Baharuddin Kamba, pengalihan isu kenaikan harga BBM biasa dilakukan di dua periode kepemimpinan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Semasa SBY berkuasa ada empat kali kenaikan harga BBM dan di sela-sela kenaikan itu ada isu yang pasti booming di media, diantaranya isu berbau Suku Ras dan Agama, Isu Terorisme, isu Narkoba, dan gossip-gosip aneh dengan fokus pejabat atau selebritis,” ungkap Baharudin yang juga aktivis Jogja Police Watch (JCW) kepada jogjakartanews.com, Rabu (12/11/2014).

Menurut Bahar indikasi pengalihan isu kenaikan harga BBM di era Jokowi- JK yang mengadopsi cara era di SBY juga sudah terlihat. Diantaranya, kata dia, dualisme pimpipinan DPR, terkait diperbolehkannya kolom agama dikosongkan pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) oleh Menteri Dalam Negeri  (Mendagri) Cahyo Kumolo. Kemudian, kata dia, isu teror seperti penembakan mobil di rumah mantan Ketua MPR RI, Amin rais, dan isu terror di Klaten Jawa Tengah.

Berita yang tak kalah heboh, imbuh Bahar, penangkapan selebritis yang tersandung narkoba, seperti pelawak Srimulat Kabul Basuki alias  Tessy dan baru-baru ini dua selebritas yang tertangkap dalam razia narkoba di diskotek Domain, Senayan City, Jakarta, akhir pekan lalu, Vicky Monica, artis pendatang baru ( pemain sinetronGanteng-Ganteng Srigala) dan Kevin Kambey yang juga model, bintang iklan, pesinetron, dan pemain film. 

“Berita seleb narkoba itu menjadi topic utama infotainment yang menyedot perhatian masyarakat di tengah rencana kenaikan BBM. Selain itu, ada berita heboh anggota Polwan NTB yang berjoget lagu dangdut popular ‘Sakitnya tuh di sini’,” tukasnya sambil tersenyum.

Untuk lokal DIY sendiri, dikatakan Bahar,  saat ini baik di sosial media atau media massa lebih banyak membahas tentang kontroversi Logo Jogja dan baru-baru ini dugaan salah grebeg polisi di Studio Gameloft.

“Saya sepakat masalah kolom agama di KTP itu dibahas, saya sepakat terorisme dan Narkoba diberantas karena merusak generasi dan mengancam NKRI, tapi yang jadi persoalan jika isu-isu tersebut sengaja dibesar-besarkan untuk menenggalamkan isu BBM yang jauh lebih menyangkut hajat hidup rakyat banyak,” ujarnya.

Di sisi lain, berdasarkan data jogjakartanews.com, berikut isu-isu yang muncul mengiringi kebijakan pemerintah di era SBY ketika menaikkan harga BBM:

1. Kenaikan harga BBM pertama 1 Maret 2005

BBM dinaikkan karena lonjakan harga minyak dunia. Waktu itu pemerintah menaikan harga BBM 32% untuk BBM premium dari Rp 1.810 menjadi Rp 2.400 per liter dan solar dari Rp 1.650 menjadi Rp 2.100 per liter atau 27%. Kenaikan harga BBM diumumkian Menko Perekonomian Aburizal Bakrie Jumat malam, berlaku pukul 00:00 WIB. Tak ada demonstrasi dalam jumlah masif. 

Pada tersebut muncul  pemberitaan media massa yang cukup menonjol dan menyedot perhatian publik,  antara lain:

Isu Terror, Sidang Abu Bakar Ba'asyir 

Proses hukum terhadap pimpinan Jamaah Anshorut Tauhid (JAT) Abu Bakar Ba’asyir, dimana  pada 3 Maret 2005 atau dua hari pasca pengumuman kenaikan BBM, dia dinyatakan bersalah atas konspirasi serangan bom 2002, tetapi tidak bersalah atas tuduhan terkait dengan bom 2003. Dia divonis 2,6 tahun penjara. Padahal dia telah ditetapkan sebagai tersangka sejak 18 Oktober 2002, menyusul pengakuan Omar Al Faruq kepada Tim Mabes Polri di Afganistan.  Kasus tersebut menyedot prrhatian public karena jamaah JAT bereaksi keras dan dalam sidang selalu dijaga sangat ketat oleh aparat kepolisian.

Isu ArtisJenniver Dunn dan Narkoba 

Berita tentang ditangkapnya artis cantik Jennifer Dunn Pada Maret 2005 karena kasus narkoba. Artis belia (waktu itu) dan model iklan ini tertangkap basah pihak Kepolisian Sektor Pasar Minggu karena menyimpan satu linting ganja. Diketahui artis berkulit putih tersebut, saat ini juga tersandung kasus pencucian uang hasil korupsi Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan adik eks gubernur banten, Ratu Atut chosiyah.

 

2. Kenaikan Harga BBM Kedua pada 1 Oktober 2005

Pemerintah SBY kembali menaikkan harga BBM secara signifikan. Harga premium naik dari Rp 2.400 menjadi Rp 4.500 per liter atau naik 87% dan harga solar naik dari Rp 2.100 menjadi Rp 4.300 per liter atau naik 105%. Hampir bersamaan dengan  kenaikan harga BBM tersebut muncul pemberitaan yang menyedot perhatian publik, antara lain:

Isu Teror Bom Bali II 

Bertepatan dengan pengumuman kenaikan harga BBM oleh pemerintah terjadi kasus yang menggemparkan dunia, yaitu tragedy Bom Bali IIyang terjadi di bali pada tanggal 1 oktober 2005. Tragedi tiga pengeboman, satu di kuta dan dua dijimbaran tersebut menyebabkan 23 orang tewas dan 196 lain nya luka - luka.  Pada acara konferensi pers, presiden SBY mengemukakan telah mendapat peringatan mulai bulan Juli 2005 akan adanya serangan terorisme di Indonesia. Namun aparat mungkin menjadi lalai karena pengawasan adanya kenaikan harga BBM, sehingga menjadi kurang peka.

Isu Keringanan Hukuman Bandar Narkoba Internasional Corby

Polemik pemberian keringanan hukuman kepada bandar besar narkoba internasional Schapelle Leigh Corby  pada 12 Oktober 2005. Setelah melalui banding, hukuman Corby dikurangi lima tahun menjadi 15 tahun. Mantan pelajar sekolah kecantikan dari Brisbane, Australia ini ditangkap membawa Narkoba di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali pada 8 Oktober 2004.

 

3. Kenaikan Harga BBM Ketiga pada 24 Mei 2008

Dengan alasankarena  krisis ekonomi global yang membuat harga minyak ikut melambung, pemerintah kembali menaikkan harga BBM premium menjadi Rp 6.000 per liter. Berita heboh yang muncul dimedia massa secara hampir bersamaan sebelum atau sesudah kenaikan harga BBM antara lain:

Isu Narkoba Artis Ahmad Albar dan Pelawak Gogon 

Sejak diwacanakan akan menaikkan harga BBM sepanjang April 2008, di saat yang sama masyarakat juga disuguhi berita yang menarik perhatian dari media massa, yaitu proses persidangan kasus narkoba yang menjerat artis kawakan Ahmad Albar dan pelawak Srimulat Margono alias Gogon.

Isu Penggrebegan Bandar Narkoba di Mushala oleh Polres Solok, Sumbar

Jajaran Kepolisian Resor Solok, Sumatera Barat (Sumbar),  menemukan 10 kilogram ganja kering, Sabtu 10 Mei 2008. Berita itu menjadi heboh karena ganja disimpan di Mushala dan konon melibatkan tokoh agama setempat.

Isu Penangkapan Teroris Palembang 

Hingga sebulan pasca pengumuman kenaikan BBM, gelombang protes rakyat masih berlangsung karena harga kebutuhan pokok mulai melonjak. Namun public digemparkan dengan berita  penangkapan teroris di Padang, sumatera barat, pada 1 Juli 2008. Dua teroris ditangkap oleh petugas kepolisian pada pukul 16.30 WIB, dari rumah milik Rustam Alamsyah yang berada Jalan Dwikora I RT 34/12 Nomor 2110 Kelurahan 20 Ilir D III, Kecamatan Ilir Timur I, Palembang, yang berjarak kurang dari satu kilometer dari Makodam II/Sriwijaya.

4. Kenaikan Harga BBM ke 4 pada 21 Juni 2013 

Pada Awal Januari 2012 Pemerintah sempat akan meniakkan harga BBM namun tidak jadi karena ditolak DPR yang didesak massa mahasiswa untuk menolak kenaikan harga BBM.  Hingga pada akhirnya kenaikan harga BBM direalisasikan pada Jumat 21 Juni 2013 malam, setelah proses persetujuan paripurna DPR pada 17 Juni 2013. Berita heboh yang muncul dimedia massa baik sebelum dan sesudah kenaikan antara lain:

Isu Pembakaran Masjid dan Al Qur'an Warga Ahmadiyah di Tasikmalaya, Jabar

Sejak Mei 2013 muncul wacana kenaikan BBM aksi penolakan masyarakat terutama mahasiswa sudah meluas. Namun lagi-lagi muncul isu yang menggemparkan public tanah air yaitu kasus penyerangan warga Ahmadiyah, di Tasik Malaya, Jawa Barat (Jabar) oleh orang tak dikenal.  Dua masjid warga Ahmadiyah, di Tenjowaringin, Kecamatan Salawu, massa tak dikenal juga membakar masjid dan rumah milik jemaat Ahmadiyah di Cipakat, Kecamatan Singaparna, Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu dinihari, pukul 03.30 WIB. Bahkan, massa membakar Al-Quran di masjid Ahmadiyah tersebut.

Isu Penggrebegan Badar Nakoba di Lapas Way Huwi, Lampung dan Jaringan Narkoba Internasional di Daan Mogot, Jakarta

Satuan Reserse Narkoba Polresta Bandar Lampung mengungkap jaringan peredaran narkotika di Lapas Way Huwi, Lampung Selatan, awal Juni 2013. Kemudian Penggrebegan Jaringan Narkoba Internasional di Daerah Daan Mogot, Jakarta Kamis 6 Juni 2013, dalam operasi tersebut polisi menemukan 2 kompresor yang berisi puluhan ribu butir narkoba jenis ekstasi yang bernilai ratusan juta rupiah.

Isu Terorisme, Sidang Ketua Al Qaeda Indonesia , Badri Hartono

Sidang terdakwa kasus terorisme sekaligus ketua gerakan Al Qaeda Indonesia Badri Hartono alias Toni yang divonis 10 tahun penjara oleh majelis hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Kamis 27 Juni 2013.

Isu Kasus Penganiayaan  Artis Eza Gionino

Kasus penganiayaan artis Eza Gionino terhadap kekasihnya sesame artis, Ardina Rasti. Eza divonis tujuh bulan penjara oleh hakim di Pengadilan Negeri, Jakarta Selatan, Rabu 5 Juni 2013. (Berbagai Sumber)

Redaktur: Rudi F

 


 





Baca Juga