Bapimkortar 2015 Kembali Kepada Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila

????????????????????????????????????

SURABAYA – Sidang Badan Pimpinan Korps Taruna (Bapimkortar) Akademi TNI dan Akpol tahun 2015 akhirny resmi ditutup. Acara yang diselenggarakan di Gedung Dewakang, Kampus AAL, Bumimoro, Surabaya ditutup oleh Paban 1/Rendik Kolonel Laut (P) I Nyoman Mandra mewakili Dirdik Akademi TNI Brigjen TNI Gustaf Heru Priyanto,setelah sehari sebelumnya dibuka oleh Direktur Pendidikan (Dirdik) Akademi TNI Brigjen TNI Gustaf Heru Priyanto, , hari ini (18/3)
 
Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari (17-18 Maret) berjalan cukup dinamis. Diikuti 14 peserta terdiri dari 3 (tiga) Taruna Akmil, 5 (Lima) taruna AAL, 3 (tiga) taruna AAU dan 3 (tiga) Taruna Akpol ini dihadiri Paban I Rendik Akademi TNI Kolonel Laut (P) I Nyoman Mandra, Seklem AAL Kolonel Laut (P) Soetrisno Sandi Asmara, S.T., dan Danmen AAL Kolonel (Mar) Bambang Sutrisno, serta para pejabat utama AAL lainnya.

Dalam pertemuan ilmiah bagi para pimpinan korps taruna Akademi TNI/Akpol ini tema yang diangkat adalah “Kepemimpinan Berbasis Nilai-nilai Luhur Pancasila”. “Pemilihan tema ini mengingat taruna Akademi TNI dan taruna Akademi Kepolisian calon pemimpin TNI dan Polri di masa depan mutlak harus memahami secara mendalam makna kepemimpinan yang berdasarkan pancasila,” tulis Humas acara dalam rilis yang diterima jogkartanews.com.

Pada kesempatan tersebut, para taruna menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan gagasan dan pikiran akademik serta berdiskusi mereka. Penggunaan bahasa Inggris selain untuk melatih kemampuan mereka berbahasa asing sebagai bahasa internasional, juga sebagai wahana dalam rangka menuju Akademi TNI yang berkelas dunia.

Kasubditsuh Ditdik AAL Letkol Laut (KH) Gatot Supriyadi, S.Psi., panitia pelaksana kegiatan Bakorpimtar 2015 ini menegaskan penggunaan bahasa inggris dalam diskusi untuk meningkatkan kualitas bahasa asing para taruna. “Kali ini kegiatan diskusi para taruna Akademi TNI dan Akpol menggunakan Bahasa Inggris sebagai media komunikasi diskusi untuk meningkatkan kualitas penguasaan bahasa para taruna dalam percaturan global Akademi Angkatan (Darat, Laut, Udara) dan Akademi Kepolisian antar Negara,” kata Kasubditsuh

Sementara itu Danjen Akademi TNI Mayjen TNI Harry Purdianto, S.IP., M.Sc dalam amanat tertulis yang dibacakan Dirdik Akademi TNI Brigjen TNI Gustaf Heru Priyanto saat membuka acara tersebut mengatakan, sidang Bapimkortar ini bertujuan memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman dalam menyampaikan pemikiran melalui forum diskusi untuk dituangkan dalam karya tulis ilmiah dan konseptual, sehingga akan semakin menumbuhkembangkan pemahaman serta implementasi jiwa dan semangat integrasi bagi para Taruna Akademi TNI dan Akpol.

Acara ditutup dengan penyerahan perlengkapan sidang oleh taruna pimpinan sidang Sermatutar (P) Imam Agung Prabowo kepada Paban 1 Rendik Kolonel Laut (P) I Nyoman Mandra. (yud)

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com