Sabtu, 25/07/2015 21:08 WIB | Dibaca: 915 kali

Tenang, Gempa Dini Hari Tadi Tak Pengaruhi Merapi


ilustrasi. Foto:doc/istimewa

YOGYAKARTA - Gempa yang terjadi Sabtu (25/07/2015) dini hari tadi sempat membuat khawatir sebagian besar warga Yogyakarta. Meski pusat gempa dikabarkan di Ciamis, Jawa Barat, Namun getarannya cukup kuat terasa di Yogyakarta.

“Tentu khawatir mas, terlebih kejadiannya pagi-pagi, ini mengingatkan gempa besar 2006 lalu. Terlebih saat ini banyak gunung meletus, takutnya ada apa-apa dengan merapi. Tapi untunglah pusatnya di Ciamis, mudah-mudahan tidak ada apa-apa,” ujar Yusuf (32) warga Tirtomartani, Kalasan, Sleman.

Merespons keresahan warga, Kepala Badan Geologi, Kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Surono, mengatakan, warga Yogyakarta tak perlu khawatir dengan gempa yang berpusat di wilayah Ciamis. Menurutnya, gempa berkekuatan 5,7 SR tersebut, tidak berpotensi menimbulkan tsunami dan tidak berpengaruh pada aktivitas Gunung Merapi yang ada di wilayah Yogyakarta.

“Warga Jogja jangan khawatir,” ujarnya kepada wartawan saat mengunjungi kantor BPPTKG Yogyakarta, belum lama ini.

Sebagaimana dilansir berbagai media massa, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya fenomena alam gempa bumi, Sabtu (25/07/2015) Subuh tadi atau sekitar pukul 04.44 WIB. Situs resmi BMKG di www.bmkg.go.id, menginformasikan titik gempa berada di wilayah 11 kilometer Tenggara Ciamis, Jawa Barat, tepatnya di lokasi 8.49 Lintang Selatan - 108.96 Bujur Timur.

Gempa di Ciamis tersebut terasa hingga sebagian wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, bahkan Ponorogo (Jawa Timur). (nng)

Redaktur: Herman Wahyudi


 





Baca Juga