Perkuat Jajaran Kolinlamil,11 Perwira Remaja Disambut Tradisi Khusus

JAKARTA– Sebanyak 11 orang perwira remaja berpangkat letnan dua dari berbagai korps, lulusan Akademi Angkatan Laut  (AAL) Angkatan ke-60/2015, resmi memperkuat jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil). Para perwira remaja itu diterima langsung Panglima Kolinlamil Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos, dalam upacara tradisi khas TNI AL di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (17/12/2015).

Pada upacara yang digelar subuh menjelang fajar itu, Panglima Kolinlamil didampingi Ketua Pengurus Gabungan Jalasenastri Kolinlamil, Ny. Aan Kurnia menyiramkan Tirta Amerta Putera Samudera Dewaruci, kepada para perwira remaja, setelah mengucapkan ikrar.

“Tirta Amerta Putera Samudera Dewaruci itu berarti air kehidupan bagi prajurit matra laut. Hal ini mengandung makna bahwa laut adalah tempat lahir dan medan juang kalian dalam mengabdi kepada nusa dan bangsa,” kata Laksda TNI Aan Kurnia, S.Sos, saat menyampaikan amanat pada upacara penerimaan.

Selain itu, lanjutnya, prosesi ini juga memberi makna betapa besar perhatian seorang ibu untuk memberikan bekal dan doa restu kepada perwira remaja agar selalu dalam perlindungan dan semangat Dewa Laut (Dewaruci), serta ketika melaksanakan penugasan dan menempuh karier selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. 

Menurut Panglima Kolinlamil, tradisi penerimaan yang selalu digelar menjelang fajar bertujuan menunjukkan kepada para perwira remaja, bahwa dini hari menggambarkan dimulainya karier mereka di lingkungan TNI AL. TNI AL kaya akan tradisi korps dan melestarikan berbagai tradisi internal di matra laut ini.

“Simbol-simbol yang terkandung dari proses alam ini, mencerminkan proses kehidupan dalam meniti karier di kedinasan TNI AL. Sebagaimana matahari yang berputar pada orbitnya, maka proses pendewasaan jati diri setiap prajurit TNI AL akan selalu berjalan secara alamiah mulai dari pendidikan pertama sampai dengan melaksanakan penugasan,” katanya.

Turut hadir pada acara itu Kaskolinlamil Laksamana Pertama TNI Pulung Prambudi, para Asisten Pangkolinlamil, para Kasatker, dan Komandan Satlinlamil Jakarta serta Komandan KRI di jajaran Satlinlamil Jakarta.

Selanjutnya, ke-10 perwira remaja tersebut akan melaksanakan penugasan pertama di berbagai kapal perang di jajaran Komando Lintas Laut Militer. 

“Dalam organisasi TNI AL, seorang perwira dituntut bertindak sebagai pemimpin dan manajer, dengan lebih mengedepankan keteladanan dalam sikap dan tindakan serta mampu memotivasi bawahannya,” kata Laksamana dengan bintang dua dipundak itu mengakhiri. (pr*/kolinlamil)

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com