Rabu, 25/05/2016 19:51 WIB | Dibaca: 694 kali

Hadapi MEA, Telkom Luncurkan Aplikasi Khusus untuk UMKM


Pembukaan Konggres Nasional UMKM di Hotel Sahid Yogyakarta. Foto: Kt1

YOGYAKARTA – Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di DIY pernah mengalami pukulan berat paska  terjadi gempa bumi pada 2006 yang lalu.  Bencana alam tersebut turut mematikan UMKM. Mengingat hal itu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta pelaku UMKM supaya lebih tangguh dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) saat ini.

“Pemda DIY terus mensuport pelaku UMKM agar memiliki ketahanan dalam persaingan global. Promosi terus dikembangkan seiring persaingan semakin ketat. Inovasi dan juga pengembangan eksportir musti dilakukan era kini,” tutur Sultan dalam sambutan yang dibacakan Kepala Biro Adiministrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Pemda DIY Tri Mulyono dalam Konggres Nasional UMKM di Hotel Sahid Yogyakarta, Rabu (26/5/2016).

Sultan juga menekankan agar proses ijin usaha harus dipermudah semua pihak, juga harus diperkuat secara kelembagaan, dan dipermudah akses, misalnya dalam pendanaan usaha. Era teknologi saat ini, kata Sultan, jarak tak menjadi kendala untuk berkomunikasi.

“Penggunaan teknologi dapat memasarkan produk-produk lokal ke kancah internasional,” kata Sultan. 

Di sisi lain, guna mendukung pemasaran UMKM Telkom group telah meluncurkan layanan pembayaran online, yakni finpay. Finpay dilengkapi fitur Finpay Link dan Finpay Invoice. Finpay merupakan produk PT Finnet Indonesia yang merupakan bagian dari Telkom Group.

"Finpay Link merupakan layanan berupa link yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM yang berjualan online di jejaring sosial, tinggal share link produk lalu pembeli dapat melakukan pembayaran," kata Direktur Utama PT Finnet Indonesia, Niam Dzikri, dalam kesempatan yang sama.

Dengan finpay link, kata dia, pembeli dan penjual tak harus melakukan konfirmasi dan pengecekan rekemlninh karena sudah memberikan notifikasi dan laporan realtime.  Begitu juga dengan layanan invoice. Layanan pengiriman invoice melalui email kepada pembeli yang telah melakukan pemesanan dan dapat terintegrasi dengan berbagai macam metode pembayaran. 

"Layanan ini mengurangi biaya operasional, pengiriman invoice realtime, mempercepat proses collection, menyediakan berbagai metode pembayaran," jelasnya. 

Untuk menikmati layanan itu, dapat melakukan pendaftaran online tanpa dipungut biaya melalui www.sobat-ukm.com,www.smartbisnis.co.id, dan finpay.co.id.

“Finpay memiliki tujuan untuk memajukan UKM yang menjadi salah satu sektor yang menjadi tulang punggung pembangunan perekonomian Indonesia,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu juga dipamerkan aneka produk-produk UMKM dengan beberapa stan. Pameran itu akan berlangsung selama dua hari hingga Kamis, 26 Mei besok. (kt2)

 

Redaktur: Rudi F


 





Baca Juga