Komisi I DPR Minta Pemerintah Tidak Pangkas Anggaran Kemenhan

JAKARTA – Komisi I DPR RI meminta pemerintah tidak memotong anggaran di Kementerian Pertahanan dan TNI. Sebab, hal itu akan berdampak kepada kesiapan tempur TNI.

“Meski sampai sekarang pemerintah belum mendiskusikan soal alokasi anggaran Kemenhan dan TNI dengan DPR, Komisi I tetap berharap agar pemangkasan anggaran Kemenhan/TNI tidak dilakukan, mengingat banyak prioritas yang harus dilakukan,” kata Wakil Ketua Komisi I DPR-RI, TB Hasanuddin dalam keterangan pers yang diterima redaksi, Selasa (09/08/2016).

TB Hasanuddin mengungkap tiga alasan agar Kemenkeu tidak memangkas anggaran di Kemenhan dan TNI. Pertama, kata dia, anggaran Kemenhan dan TNI menyangkut penguatan pangkalan TNI AU, AD, dan AL di Natuna, mengacu pada situasi di Laut Cina Selatan yang semakin menghangat.

Kedua, untuk melanjutkan pendanaan suku cadang dan senjata dan alutsista yang sudah dibeli.

Ketiga, biaya operasional, khususnya untuk patroli laut dan udara yang akhir-akhir ini yang dibutuhkan dan sangat meningkat, terutama di wilayah perbatasan, dalam rangka mengamankan kedaulatan negara.

“Ketiga alasan itu perlu mendapat perhatian pemerintah dalam hal ini Kemenkeu,” pungkas TB Hasanuddin.

Sekadar informasi, Pemerintah melalui Kementerian Keuangan berencana melakukan pemotongan kembali anggaran APBN 2016 sebesar Rp 133 Triliun, dengan alasan pemasukan negara tidak mencapai target. (pr/kt3)

Redaktur: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com