Masih Terisolir, Selopamioro Sasaran TMMD Kodim Bantul

BANTUL – Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-99 tahun 2017 Kodim 0729/Bantul dilaksanakan di Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Bantul. Tepatnya di dua Dusun, yaitu  Kajor dan Nawungan.

Komandan Kodim (Dandim) 0729/Bantul, Letkol Inf Agus Widianto menjelaskan,  dipilihnya Selopamioro sebagai lokasi kegiatan TMMD Reguler Kodim Bantul dengan beberapa pertimbangan.

“Di antaranya karena di dusun masih terkesan jauh dan terisolir. Kedua dusun tersebut tak memiliki akses jalan penghubung. Sehingga, ketika warga setempat hendak berkunjung atau membawa hasil panen bumi harus naik turun bukit melintasi jalanan setapak,” kata Dandim Bantul didampingi Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Inf Suwarno dalam keterangan resminya kepada media massa, belum lama ini.

Disisi lain, kata Dandim, masih banyak ditemui jalan di gang-gang yang menjadi akses jalan masuk di perkampungan yang rusak, keras dan berlubang. Demikian pula ada banyak warga yang menempati rumah-rumah tidak layak huni.

“Kondisi rumah yang rusak, reyot, gubuk atau bahkan nyaris roboh. Itu semua masih kami jumpai. Dengan fakta inilah, maka kami memutuskan dua dusun ini menjadi pilihan kegiatan TMMD Reguler Kodim Bantul,” terang Dandim.

Dikatakan Dandim, selaras dengankondisi tersebut, kegiatan fisik di TMMD Kodim Bantul kali ini diprioritaskan untuk membedol bukit sekaligus membuat akses jalan tembus yang menghubungkan Dusun Kajor dan Dusun Nawungan. Skala prioritas, kata dia, adalah membuka akses jalan penghubung dua dusun tersebut.

“Jalan itu sejauh dua kilometer lebih. Karena membedah bukti, maka kami menerjunkan alat berat untuk mengeruk dan melebarkan tanah bukit,” imbuh Letkol Agus.

Mengingat bedah bukit bukan perkara mudah, imbuh dia, sementara target waktu yang dibutuhkan hanya 30 hari, maka Kodim Bantul terlebih dahulu mengwalinya melalui program Pra TMMD.

“Melalui Pra TMMD, maka harapan kami pembuatan akses jalan serta sasaran fisik lainnya dapat selesai tepat waktu,” tandasnya. 

Diinformasikan, Program TMMD Kodim Bantul merupakan program lintas sektoral yang dilaksanakan sebagai wujud kepedulian TNI untuk membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sekaligus untuk demi terbinanya kemanunggalan TNI-Rakyat. (kt2)

Redaktur: Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com