Minggu, 02/07/2017 22:29 WIB | Dibaca: 286 kali

Kawah Sileri Dieng Meletus, Warga Sekitar Dievakuasi


Kawah Sileri Sebelum terjadi letusan. Foto:ist

BANJARNEGARA – Kawah Sileri di Kawasan Wisata Pegunungan Dieng meletus, Minggu (02/07/2017) siang. 16 wisatawan asal Pekalongan dikabarkan sempat dievakuasi dan sebagian mengalami luka ringan. Selain itu, warga Desa Pakisan, Kecamatan, Batur, Kabupaten Banjarnegara yang berdekekatan dengan lokasi kawah juga dievakuasi untuk mengantisipasi potensi letusan susulan.

Menurut informasi dari petugas BMKG Dieng yang melakukan pantauan, Tunot, kejadian sekitar Pukul 12.00 WIB.

“Letupan disertai semburan air dan lumpur panas ke arah Barat dan Timur dengan radius kurang lebih 150 meter. Sebagian ke arah Utara dan selatan,” katanya dalam pesan singkat Whats Apps.

Diinformasikan, semburan air panas dan lumpur kawah mengakibatkan meningkatnya gas beracun di kawasan sileri. BMKG Dieng sudah melakukan pengecekan di tempat kejadian untuk menentukan zona aman dan evakuasi warga di sekitar.

Paska kejadian, jalan menuju lokasi kawah Sileri ditutup untuk wisatawan.

Menurut Yudi (34) warga Wanadadi, Banjarnegara yang kebetulan berwisata di Dieng, jalan menuju kawah sileri dari radius hingga sekitar kurang lebih 2 kilo meter.

“Tadi saya ke dieng, rencanananya dari kawah Candradimuka mau ke kawah Sileri, tapi jalan ditutup katanya kawah baru saja meletus,” ungkapnya.

Disisi lain, Tim Gabungan TNI, POLRI, BNPB, dan Basarnas sudah diterjunkan untuk mengevakuasi warga sekitar.

Berikut daftar nama korban wisatwan dari Pekalongan yang sudah dievakuasi dan mendapatkan penanganan medis di Puskesmas Batur.

1. Mirotun (30) warga Desa Sabrang, Kecamatan Peninggaran, Kabupaten Pekalongan. Kondisi tidak mengalami luka, hanya sedikit trauma terkena semburan  lumpur.

2. Ayu Nur Aeni, (10) warga Desa Sabrang, Kecamatan Peninggaran, Kabupaten Pekalongan. Kondisi tidak mengalami luka, hanya sedikit trauma terkena semburan  lumpur.

3. Muzaefah, (32) warga Desa Sabrang, Kecamatan Peninggaran, Kabupaten Pekalongan. Kondisi tidak mengalami luka, hanya sedikit trauma terkena semburan  lumpur.

4. Haromi, (55) warga Desa Sabrang, Kecamatan Peninggaran, Kabupaten Pekalongan, luka ibu jari kaki kanan terkilir.

5. Heti Handayani (13), warga Desa Sabrang, Kecamatan Peninggaran, Kabupaten Pekalongan. Kondis tidak mengalami luka, hanya sedikit trauma terkena semburan  lumpur.

6. Nur Holisoh (24), warga Desa Sabrang, Kecamatan Peninggaran, Kabupaten Pekalongan. Kondis luka tangan kiri lecet-lecet.

7. Zulfa Yanti (9), warga Desa Sabrang, Kecamatan Peninggaran, Kabupaten Pekalongan. Kondisi tidak mengalami luka, hanya sedikit trauma terkena semburan  lumpur.

8. Badru Utamam (37) warga Desa Sabrang, Kecamatan Peninggaran, Kabupaten Pekalongan. Kondisi, luka lecet di kaki.

9. Moh. Fidsa Aswa Muzafar (2), warga Desa Sabrang, Kecamatan Peninggaran, Kabupaten Pekalongan. Kondisi, luka lecet diatas telinga sebelah kiri dan lengan kanan.

10. Muh Zahromi (50),  warga Desa Sabrang, Kecamatan Peninggaran, Kabupaten Pekalongan. Kondisi, tidak mengalami luka.

11. Mutamimah (31), warga Desa Sabrang, Kecamatan Peninggaran, Kabupaten Pekalongan. Kondisi tidak mengalami luka.

12. Siti Hudifah, 30 th, warga Desa Sabrang, Kecamatan Peninggaran, Kabupaten Pekalongan. Kondisi, tidak mengalami luka.

13. Muainah (44), Warga Desa Kauman, Kecamatan Peninggaran, Kabupaten Pekalongan, mengalami luka  patah tertutup lengan sebelah kiri. (Akan dirujuk ke RSUD Pekalongan).

14. Toyibah (50), Warga Desa Kauman, Kecamatan Peninggaran, Kabupaten Pekalongan. Kondisi tidak mengalami luka, hanya sedikit trauma.

15. Nurbaiti (12) Warga Desa Kauman, Kecamatan Peninggaran, Kabupaten Pekalongan. Kondisi tidak mengalami luka, hanya sedikit trauma.

16. Cucu Nofalia (26)Warga Desa Kauman, Kecamatan Peninggaran, Kabupaten Pekalongan. Kondisi tidak mengalami luka, hanya menderita sesak nafas. (kt3)

Redaktur: Rudi F


 





Baca Juga