Jumat, 13/10/2017 14:50 WIB | Dibaca: 67 kali

Mengenalkan Kembali Budaya Mataram, Budaya Catur Sagatra Digelar


Pembukaan Budaya Catur Sagatra, kemarin. Foto: ist

YOGYAKARTA – Pertunjukan seni  Budaya 2017 ‘Catur Sagatra’ di Kagungan Dalem Pagelaran Kraton Yogyakarta yang resmi dibuka Kamis (12/10/2017), kemarin mendapat antusisme warga Yogyakarta dan wisatatawan, baik dalam dan luar negeri.

Acara gelar budaya yang menampilkan beberapa beksan dari  empat kraton tersebut menjadi ajang memperkenalkan kembali kekayaan budaya Mataram .

“Gelar budaya ini menjadi momentum yang strategis untuk memperkenalkan kembali khasanah budaya Yogyakarta dan Surakarta kepada masyarakat luas, khususnya di Yogyakarta,” kata Asisten Keistimewaan Sekda Daerah DIY, Dr. Ir. Didik Purwadi, M. Ec., dalam sambutan mewakili Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Gelar Budaya Catur Sagatra akan dihelat selama dua hari, 12 hingga 13 Oktober 2017. Dalam pembukaan kemarin, ditampilkan Beksan Serimpi, Merak Kesimpir dan Beksan Wireng Kiswamuka Mengsah Sugriwa dari Kraton Kasultanan Yogyakarta serta Beksan Srimpi Sukarsih dan Beksan Wireng Bugis Kembar dari Kraton Kasunanan Surakarta.

Turut hadir dalam pembukaan kemarin Gusti Kanjeng Bendoro Raden Ayu Adipati Pakualam, Anggota FKPD DIY, beserta tamu undangan dan masyarakat umum. Hari ini, dalam penutupan juga akan ditampilkan budaya dari empat kraton di jawa tersebut. (kt1)

Redaktur: Rudi F

 


 





Baca Juga