Sabtu, 21/10/2017 20:06 WIB | Dibaca: 4349 kali

Wirausahawan UIN Sunan Kalijaga Dianugerahi Bussines Project Award


Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D menyerahkan Bussines Project Award. Foto: Khabiburrohman/humas

YOGYAKARTA - Center for Entrepreneurship and Career Studies (CENDI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memberi penganugerahan Bussines Project Award kepada mahasiswa dan alumni UIN Sunan Kalijaga yang sukses sebagai wirausahawan.

Pemberian penghargaan tersebut merupakan rangkaian dari Gebyar Cendi 2017 bertemakan “Sukses Berwirausaha dan Karir: atasi Pengangguran Sarjana” yang digelar di Gedung Prof. Amin Abdullah, Jum’at-Sabtu (20-21/10/2017). 

Mahasiswa penerima Bussines Project Award adalah Ali Baba sebagai kategori bisnis terpopuler, Ibrahim Hasan Hisbullah kategori bisnis terkreatif, Mohammad Sais Mansur kategori bisnis terncana dan Dimas Dwi Setyawan kategori bisnis ternekat. Sedangkan dari alumni diraih oleh H.Bukhari AZ (owner Aflah Catering) sebagai inspirator wirausaha muda dan Ardi Sehami(owner Sampe Arumanis) sebagai pelestari makanan nusantara.

Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D mengatakan kesadaran ekonomi dalam beragama di negara ini masih rendah. Oleh karenanya untuk menjadi bangsa yang maju harus menguasai cara produksi yang menghasilkan barang dan teknologi.

“ Dalam Islam cara produksi diistilahkan istito’ah. Ini sama halnya hard skill, umat Islam sendiri belum menguasai cara produksi tersebut” tutur Yudian.

Yudian berharap kegiatan ini menjadikan latihan bagi mahasiswa untuk mengenal proses produksi sejak dini, sehingga akan muncul keahlian dan kecakapan dalam berwirausaha. Sudah barang tentu mereka akan belajar komunikasi dengan pemberi modal misalkan bank atau partner kerja. Dan ini bentuk dari kreatifitas dari mahasiswa.

Direktur Cendi Ahmad Salehudin, S.Th.I., MA menjelaskan Perguruan tinggi tidak boleh terjebak dalam rutinitas akademis (penghasil sarjana) semata, tetapi juga harus memikirkan masa depan dan kebutuhan mahasiswa dan alumninya untuk hidup sejahtera dan bermartabat. Perguruan tinggi, kata dia harus menghasilkan alumni yang sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri atau yang memiliki jiwa dan semangat untuk berwirausaha.

“Bussines Project Award bagi mahasiswa penghargaan ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk berwirausaha sejak kuliah, dan bagi alumni sebagai bentuk penghargaan atas peran mereka mensejahterakan masyarakat melalui dunia usaha,” katanya.

Pada kesempatan ini juga digelar Kalijaga Job Fair dan Expo UMKM. Ada 14 perusahaan yang menawarkan berbagai macam jabatan dan 30 stand UMKM yang dimiliki oleh mahasiswa dan masyarakat yang menawarkan produk makanan, pakaian, elektronik dan peralatan musik.

Selain itu juga ada Pekan Inovasi dan Kreativitas Mahasiswa (PIKMA) dan Expo 17 UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) UIN Sunan Kalijaga. Kegiatan ini untuk memfasilitas mahasiswa UIN Sunan Kalijaga untuk menampilkan produk-produk kreatif, sehingga dapat diketahui masyarakat luas atau bersinergi dengan dunia usaha dan dunia industri untuk pengembangannya.(kt1)

Redaktur: Rudi F

 


 





Baca Juga