Budaya  

Sambut Hari Pahlawan, Prajurit Kraton Ziarah ke Makam Pahlawan

YOGYAKARTA Sambut hari pahlawan 10 November, Ratusan Bregada  Rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, Rabu (08/11/2017) sore.

Penggagas acara, Widihasto Wasana Putra mengatakan ziarah ke TMP digelar untuk menyambut peringatan Hari Pahlawan. Selain itu, menurutnya  ziarah ini juga merupakan rangkaian pembuka acara Festival Bregada Rakyat DIY V yang direncanakan digelar di Kulon Progo pada 26 November mendatang.‎

“Peserta ziarah adalah para bregada (prajurit kraton) perwakilan dari seluruh kabupaten dan kota di DIY. Di antaranya terdiri dari Bregada Niti Manggala, Kalinyamat, Winata Manggala, Dandang Reksa, dan bregada unsur masyarakat berpakaian khas Jawa,” kata Widihasto yang juga Ketua Sekber Keistimewaan DIY.

Menurut Widihasto, ziarah dilakukan untuk mendoakan arwah para pahlawan kusuma bangsa, mengenang dan menghayati jasa para pahlawan sebagai suri tauladan generasi penerus bangsa, termasuk bagi para bregada yang menggeluti seni keprajuritan.

Selain itu, Widihasto mengatakan ziarah juga sebagai ajang silaturahmi para pegiat seni keprajuritan rakyat se-DIY agar tumbuh jiwa persatuan dan kesatuan guna memperkokoh keutuhan NKRI. Acara inim kata dia, merupakan momen mempertautkan sejarah masa silam, bregada selaku prajurit keraton, dengan masa kini agar turut menjaga kesatuan bangsa dan bisa mengisi pembangunan di tengah masyarakat,

“Harapannya suri tauladan pahlawan dapat dilanjutkan dapat diaktualisasi sesuai tantangan dan kebutuhan situasi bangsa hari ini,” imbuhnya.

Prosesi ziarah diawali dengan upacara singkat di halaman TMP Kusumanegara. Selanjutnya, seluruh bregada menuju ke makam Panglima Besar Jendral Sudirman yang terletak di tengah kompleks makam. Mereka kemudian berdoa bersama dan dilanjutkan tabur bunga. (kt1)

Redaktur: Rudi. F

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com