Jumat, 15/12/2017 13:13 WIB | Dibaca: 360 kali

Longsor di Pandanarum Timbun Satu Rumah Warga


Babinsa Koramil 06/ Kalibening Pos Pandanarum, Serda Suwondo bersama warga membantu membersihkan material longsor. Foto: Ist

BANJARNEGARA – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah,  menyebabkan terjadinya tanah longsor  di Dusun Karanggondang, Desa Pasegeran, Kecamatan Pandanarum, Kamis (14/12/2017) petang.

Akibat longsor, dikabarkan satu rumah milik warga, Darmanto (48)  di Dusun Karanggondang RT 2 RW 4, rusak tertimbun dan mengancam rumah yang berada di atasnya milik Kumpul Antono (38).   

Menurut Darmanto, longsor yang menimpa rumahnya terjadi sekitar Pukul 17.45WIB. Material longsoran, kata dia, berasal dari tebing di belakang rumah yang kondisi tanahnya labil,

“Sejak Selasa (12/12/2017) di sini sudah turun hujan deras.  Baru kemarin (Rabu) sore tebing di belakang rumah saya longsor dan menimpa bagian dapur,” ujarnya, Jumat (14/15/2017).  

Dikatakan Darmanto, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian materiil yang dialaminya ditaksir sekitar Rp 10 juta.

Untuk sementara, Darmanto dan keluarga belum mengungsi, karena bagian depan rumahnya masih dirasa aman ditempati. Saat ini material longsor sudah dibersihkan oleh warga yang dibantu Babinsa Koramil 06/ Kalibening  Pos Pandanarum, Serda Suwondo, Kepala Desa beserta perangkat, serta relawan dari ormas RAPI Destana,

“Saya berterimakasih kepada Babinsa, Bapak Serda Suwondo, Bapak Kades beserta perangkat dan masyarakat, juga relawan RAPI Destana yang begitu sigap dan telah banyak memberikan bantuan kepada keluarga saya yang tertimpa musibah. Beliau semua juga mengimbau agar warga di sini berhati-hati dan waspada, lalu segera melapor jika ada kejadian longsor lagi,” tutup Darmanto. (rd)

Redaktur: Ja’faruddin. AS

 

 


 





Baca Juga