Pasukan PHH Kolinlamil Siap Bantu Polri Atasi Potensi Kerusuhan Pilkada Serentak 2018


Pasukan PHH Kolinlamil sedang berlatih menghadapi gangguan kerusuha massa di Lapangan M. Silam, Mako Kolinlamil. Foto: ist

JAKARTA - Sebanyak satu Satuan Setingkat Kompi (SSK), Pasukan Penindak Huru Hara (PHH) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), menggelar latihan menghadapi potensi kerusuhan massa  di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (21/02/2018).

Menurut Panglima Kolinlamil (Pangkolinlamil) Laksda TNI Yudo Margono, S.E. penyiapan pasukan huru hara ini merupakan tindak lanjut dari MoU (Nota Kesepahaman) TNI dan Polri yang ditandatangani bersamaan dengan digelarnya Rapim TNI pada 23 Januari 2018 lalu di Mabes TNI, Cilangkap.

Dikatakan Pangkolinlamil, Nota Kesepahaman yang berlaku untuk lima tahun itu mengatur perbantuan TNI untuk Polri dalam menghadapi potensi kerusuhan yang melibatkan massa seperti dlam unjuk rasa, mogok kerja, konflik sosial dan mengamankan kegiatan masyarakat lainnya.

“Hal ini sejalan pula dengan UU no.34 tahun 2004 pasal 7, bahwa dalam melaksanakan tugas pokoknya, TNI bisa membantu Polri dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujarnya dalam keterangan persnya di Jakarta.

Pangkolinlamil menjelaskan, Kolinlamil yang memiliki pasukan PHH di bawah kendali Dandenmako Kolinlamil dan dipimpin Kepala Satuan Kesiapsiagaan Kolinlamil, selalu siap siaga mengantisipasi berbagai kejadian yang tidak diharapkan,

“Seperti misalnya mengantisipasi rusuh pada Pilkada Serentak 2018,” tandasnya.

Dandenmako Kolinlamil Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian menambahkan, pasukan PHH Kolinlamil ini merupakan gabungan yang terdiri dari kompi Denmako, Satlinlamil, dan unsur KRI. Menurutnya, seluruh personel sudah memiliki kemampuan dan keterampilan yang profesional dalam menanggulangi kegiatan huru-hara.

“Dalam rangka meningkatkan kemampuan maupun keterampilan pasukan PHH lanjut Dandenma Kolinlamil, seluruh personel PHH secara rutin berlatih satu kali dalam seminggu dengan dibekali pendidikan teori maupun praktek mulai dari materi dasar hingga formasi PHH,” imbuhnya.

Diinformasikan Dandenmako, dalam mendukung pelaksanaan PHH, setiap personel PHH juga dilengkapi dengan peralatan PHH yang memenuhi standar mulai dari baju PHH, tameng, dan peralatan pendukung lainnya.(kt 5)

Redaktur: Rudi F


 





Baca Juga