Senin, 16/04/2018 22:45 WIB | Dibaca: 138 kali

Balita dan Lansia Ikuti Lomba Posyandu di Lokasi TMMD


Para Lansia dan Balita ikuti lomba Posyandu Balita Sehat dan Lansia yang diselenggarakan Satgas TMMD Kodim 0734/Yogyakarta. Foto: ist

YOGYAKARTA – Sejak dilangsungkannya TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta, Kampung Gambiran, Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta tak pernah sepi dengan kegiatan kemasyarakatan.

Kegiatan yang dilaksanakan TNI dan masyarakat tak hanya program pembangunan fisik, melainkan juga program non fisik, seperti lomba Posyandu dan balita sehat serta Lansia, yang berlangsung di Posyandu Kunci 13 Gambiran Rw 13 Pandeyan, Senin (16/04/2018) siang. Selain lomba, Satgas TMMD juga melakukan penyuluhan, pelatihan serta pelayanan kesehatan.

Kapten inf  Purwanto selaku koordinator lomba balita sehat dan lansia mengatakan, acara ini merupakan satu rangkaian kegiatan TMMD non fisik Reguler 101 Kodim 0734 Yogyakarta. Menurutnya, dalam pelaksanaan kegiatan Posyandu kunci 13 dan Posyandu lansia Seger Waras XIII kelurahan Pandeyan tersebut, puluhan anak balita dan para lansia mendapat pelayanan penimbangan berat badan dan tinggi badan serta pengecekan tensi,

“Ini dilakukan agar mengetahui perkembangan anak balita setiap bulannya,sehingga bisa terdeteksi dini apabila terdapat balita yang gizi buruk. Untuk para lansia diadakan pengecekan kadar gula darah maupun kadar kolesterolnya agar tetap terjaga kesehatannya,” katanya di sela-sela kegiatan.

Kegiatan lomba Posyandu, Balita sehat dan Lansia di hadiri oleh Forkompika kecamatan Umbulharjo diantaranya,  Camat Umbulharjo Drs.Marzuki, Lurah Pandean Sulasmi, ketua LPMK dan Perwakilan KUA Umbulharjo.

dr.Medisa Primasari dari Puskesmas 1 Kecamatan Umbulharjo yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan, pelayanan Posyandu biasanya dilakukan setiap bulan sekali yaitu antara tanggal 10 hingga 16 dan kali ini dilaksanakan dalam kegiatan TMMD, sehingga antusiasme masyarakat bertambah,

“Pelayanan kesehatan pos yandu dan lansia hari ini terasa begitu lengkap dan ramai, karena berbarengan adanya pelaksanaan kegiatan TMMD ke 101 Reguler 2018 yang terpusat di kampung Gambiran ini,” ujarnya.

Ketua Posyandu Balita, Eli Hartono mengungkapkan antusiasme para orang tua balita maupun para lansia luar biasa dalam pelayanan Posyandu di TMMD,

“Semuanya berduyun duyun datang ke Posyandu sebagaimana kebiasaan tiap bulanya. Tapi kali ini dengan diselenggarakan di TMMD, masyarakat tambah semangat untuk mengetaui perkembangan anaknya maupun kesehatan para lansia di Posyandu,” ujarnya.

“Karena bagi mereka orang sehat mahal harganya,lebih baik mencegah dari pada mengobati, itu sudah menjadikan prinsip mereka,dan yang lebih hebat lagi dalam kegiatan posyandu ini di dampingi dan di bantu oleh babinsa Pandeyan,” imbuh Ketua Posyandu Lansia Basyir. (kt1) 

Redaktur: Fefin Dwi S

 


 





Baca Juga