Jumat, 08/06/2018 18:47 WIB | Dibaca: 190 kali

Pos Pengamanan Lebaran di Yogyakarta dijaga Aparat Gabungan


Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Bram Pramudia meninjau Pospam Lebaran. Foto: Ist

YOGYAKARTA – Pos Pengamanan Lebaran di Yogyakarta dijaga Aparat Gabungan dari TNI dan Polri. Prajurit TNI Kodim 0734/Yogyakarta turut diterjunkan untuk membantu petugas kepolisian di Pos Pengamanan Lebaran 1439 H.

Guna mempersiapkan tugas tersebut, Komandan Kodim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Bram Pramudia, S.E, didampingi Komandan Koramil 01/Jetis Kapten Inf Abdul Latif melakukan pengecekan beberapa Pos pengamanan lebaran yang ada di wilayah Kota Yogyakarta, Jumat (08/06/2018).

Menurut Dandim, secara umum dari hasil pengecekan, semua Pos Pam dan Obyek Vital yang ada di wilayah Kota Yogyakarta telah siap, baik secara personil maupun kelengkapan pos untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,

“Semoga keberadaan Pos-pos Pengamanan ini mampu memberi kontribusi bagi terciptanya Kamseltibcar Lantas maupun situasi Kamtibmas yang kondusif, terutama dalam wilayah pengawasan pos,” ungkap Letkol Bram.

Letkol Bram menambahkan, bahwa secara keseluruhan anggota Kodim 0734/Yogyakarta siap membantu Kopolisian dalam menjalankan tugas Pengamanan guna terciptanya situasi yang kondusif di wilayah Yogyakarta.

“Kami dari Kodim 0734/Yogyakarta juga memberikan pelayanan Rest Area gratis bagi para pemudik, karena wilayah Yogyakarta adalah titik lelah bagi para pemudik, Khususnya pemudik dari jalur selatan. Kami imbau, masyarakat yang melintas wilayah Yogyakarta agar berhati hati, beristirahatlah jika merasa ngantuk dan lelah. semoga para pemudik selamat sampai tujuan serta dapat merayakan Lebaran bersama keluarga,” terang orang nomor satu di Kodim 0734/Yogyakarta.

Usai meninjau pos Tugu Jogja Dandim memeberikan bingkisan bagi personil yang bertugas pada Pos Pengamanan tersebut, selanjutnya pengecekan berlanjut ke pos Tetek yang berada di wilayah Koramil 02/Tegalrejo.

Sementara itu, Polresta Yogyakarta menggelar Operasi Kepolisian Terpusat Idul Fitri 2018 di berbagai titik-titik rawan kemacetan dan tindakan kriminal di kota Yogyakarta dibantu personel Kodim 0734/Yogyakarta.

Pos pengamanan tersebar diberbagai wilayah diantaranya di pos Tugu Jogja, pos Tetek Sepur, pos Lempuyangan, pos Bonbin, pos Demangan dan Kota Baru serta pos Terminal Giwangan.

Menurut Personel dari Koramil 11/Kraton, Kodim 0734/Yogyakarta, Sertu Dandun Sarjito  yang melaksanakan pengamanan di Titik Nol Kilometer, dalam  Operasi Kepolisian Terpusat "Ketupat Progo 2018" pengamanan Idul Fitri 1439 H/2018 M,  untuk arus mudik 9 hari sebelum lebaran atau H - 9 lalulintas masih tampak lancar terkendali.

Diperkirakan arus mudik yang datang ke kota Yogyakarta, akan padat menjelang H-3  (07/06/2018).

“Letak pos Pam Lebaran Idul Fitri 1439 H tahun 2018 di Titik Nol berada di depan Kantor Pos Yogyakarta. Selama pam lebaran personel dari Koramil melaksanakan pengamanan di pos yang terdapat di titik rawan kemacetan. Untuk pos Titik Nol Kilometer banyak dipadati oleh para pengunjung yang berjalan kaki, " kata Sertu Dandun. 

Dari pentauan selama ini, kata Dandun, yang menjadi titik kemacetan terbesar berada di sekitar Pos Tugu Yogyakarta dan pos Titik Nol. Tempat seperti Jln Malioboro memang banyak yang dituju, oleh pemudik yang pulang kampung halaman.

“Dengan kegiatan pengamanan lebaran di pos-pos rawan kemacetan, diharapkan masyarakat akan aman dan  nyaman saat Idul Fitri serta tetap memiliki budaya tertib berlalulintas yang baik,” harapnya. (kt1)

 

Redaktur: Faisal

 


 





Baca Juga