Minggu, 19/08/2018 21:28 WIB | Dibaca: 172 kali

Kejuaraan Yongmoodo Piala Dandim Yogyakarta Tahun 2018 Dibuka


Kejuaraan Yongmoodo Kota Yogyakarta Piala Dandim 0734/Yogyakarta tahun 2018. Foto: Ist

YOGYAKARTA - Kejuaraan Yongmoodo Kota Yogyakarta Piala Dandim 0734/Yogyakarta tahun 2018 resmi digelar.

Kejuaraan yang sekaligus memeriahkan peringatak HUT RI ke 73 dan HUT TNI ke 73 tersebut dibuka oleh Komandan Kodim 0734/Yogyakarta, Letkol Inf Bram Pramudia, S.E, di Gor Lembah UGM, Minggu (19/08/2018).

Kejuaraan Yongmoodo Kodim 0734/Yogyakarta akan diikuti oleh 42 Yongmoodoin dari berbagai Dojang Kota Yogyakarta.


Dandim yang juga selaku ketua Umum Federasi Yongmoodo Indonesia Kota Yogyakarta ini mengatakan, Kejuaraan Kota (Kejurkot) Yongmoodo tersebut akan berlangsung hingga sore nanti. 

Menurutnya, sebagai salah satu dari beberapa cabang olah raga beladiri yang keras, Yongmoodo memiliki filosofi bela negara yang sangat kental di dalamnya.

Dandim menilai bahwa bukan tak mungkin jika kedepannya Yongmoodo akan semakin dikenal di Yogyakarta, baik melalui jalur umum maupun pendidikan.

“Kejurkot ini juga dimaksudkan untuk mencari bibit atlit berprestasi yang akan disiapkan untuk event nasional September nanti, yaitu Kejurnas Yongmoodo Piala Kasad 2018,” katanya.

Perlu diketahui, nomor yang dipertandingkan dalam Kejuaraan Yongmoodo tersebut adalah Kyorugi (fighting) yang terdiri dari sembilan kelas putra dan putri baik nomor perorangan dan beregu serta nomor Yonmoo (pattern/jurus).

Sementara itu, perwakilan Kota Yogyakarta, Danar menuturkan, Kejuaraan Yongmoodo Piala Dandim 0734/Yogyakarta juga sebagai amanat dari KONI DIY untuk menilai tolak ukur eksistensi dari Pengurus Daerah (Pengda) DIY yang baru bergabung 2 tahun lalu,

“Saat ini Pengda DIY dijadikan pilot project oleh Pengurus Besar FYI yang diketuai oleh KASAD dalam pembinaan dan pemasyarakatan beladiri Yongmoodo di kalangan masyarakat sipil,” ujar Seketaris KONI Kota Yogyakrta ini.

Menurutnya, satu di antara keunggulan dari beladiri Yongmoodo karena merupakan beladiri campuran dari unsur karate, taekwondo, hapkido dan judo.


“Beladiri Yongmoodo sebagai cabang olah raga yang relatif baru saat ini mulai diminati oleh masyarakat. Hal ini terbukti dengan semakin meningkatnya masyarakat berlatih dan bergabung dengan Yongmoodo,” tambahnya. (kt1) Faisal

Berita Terkait

 





Baca Juga