DIY Masuk Peringkat 10 Besar Nasional Pelaksana Proyek Pembangunan dengan Skema KPBU

YOGYAKARTA – Pemerintah Daerah-Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) masuk peringkat 10 besar nasional yang berhasil menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dalam pelaksanaan proyek pembangunan di daerah.

Kepala Sub Direktorat Penyiaran KPBU Kementrian Keuangan RI, Insyafiah mengungkapkan, KPBU adalah skema baru yang cukup gencar dipromosikan selama 3 tahun terakhir oleh Pemerintah Pusat.

Menurutnya, lebih dari 500 pemerintah provinsi dan kota yang sudah menggunakan skema KPBU dan baru ada 7 provinsi yang dinilai berhasil, ditambah DIY yang ke 8,

“DIY masuk menjadi 10 besar. Ketika Pemda DIY berhasil menyusun studi pendahuluan dengan skema ini, tentu menjadi sebuah prestasi, ” ungkapnya saat memberikan sambutan usai melakukan penandatanganan dokumen Serah Terima Studi Pendahuluan Proyek Pembangunan dengan skema KPBU, Jumat (31/08/2018) pagi, di Gedung Pracimosono, Komplek Kepatihan, Yogyakarta.

Menurutnya, Pemda DIY yang berhasil melaksanakan studi pendahuluan pembangunan 4 proyek besar, yaitu SPAM Kapet Kulonprogo, TPA Piyungan, Pelabuhan Perikanan di Kulonprogo dan Jogja Agro Technopark di Kulonprogo, mendapat apresiasi dari pemerintah pusat,

“Apresiasi kami yang setinggi-tingginya  juga kami berikan karena DIY berhasil melakukan 4 proyek sekaligus,” imbuhnya.

Penandatanganan dokumen Serah Terima Studi Pendahuluan KPBU dilakukan oleh  Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda DIY, Drs. Sulistyo, SH, CN, M.Si mewakili Pemda DIY dengan Wahid Sutopo selaku Direktur Eksekutif Bisnis PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia. Kemudian oleh Sri Bagus Guritno selaku Direktur Kerjasama Pemerintah dan Rancang Bangun Kementrian Bappenas RI, serta Insyafiah selaku Kepala Sub Direktorat Penyiaran KPBU Kementrian Keuangan RI.

Sementara itu, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dalam sambutan yang dibacakan Sulistyo menuturkan, Pemda DIY berhasil melakukan beberapa tahapan untuk mempersiapkan 4 proyek besar sekaligus melalui badan-badan usaha DIY yang sudah di tunjuk oleh Pemerintah. Kesuksesan tersebut menurutnya tak lepas dari komunikasi dan koordinasi yang baik antara Pemda dengan Badan Usaha,

“KPBU ini adalah salah satu isu-isu strategis yang ada. Kami selaku Pemerintah Daerah berharap 4 proyek KBPU ini dapat terlaksana dengan baik melalui tim-tim handal dari badan usaha yang sudah ditunjuk ini,” tutur Sri Sultan dalam sambutan tertulis yang dibacakan  Sulistyo. (kt1)

Redaktur: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com