Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, FH UJB MoU dengan IKAL DIY dan KODIM Yogyakarta


Penandatanganan MoU antara FH UJB dengan IKAL DIY dan FH UJB dengan KODIM Yogyakarta dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Foto: Ja'faruddin. AS

YOGYAKARTA – Fakultas Hukum Universitas Janabadra Yogyakarta (FH-UJB) menggandeng Ikatan Keluarga Alumni LEMHANNAS Komisariat Daerah Istimewa Yogyakarta (IKAL – DIY) dan KODIM 0734/Yogyakarta dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu  pendidikan, penelitian, dan pengabdian kebada masyarakat.

Secara resmi ketiga institusi tersebut menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kerjasama, di FH UJB, Jl. Timoho, Umbulharjo, Yogyakarta, Rabu (05/09/2018) pada pukul 09.00 WIB.

Penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh Dr. Sudiyana, S.H,M.Hum selaku Dekan FH UJB, Sugiyanto Harjo Semangun, S.E., M.Si sebagai Ketua IKAL DIY dan Komandan KODIM (Dandim) Yogyakarta, Letkol Inf Bram Pramudiya, S.E.

Dekan FH UJB, Sudiyana mengungkapkan, MoU dengan IKAL DIY dan KODIM Yogyakarta dilakukan untuk mewujudkan visi dan misi FH UJB, yaitu menjadikan FH UJB sebagai Program Studi (Prodi) yang unggul, menghasilkan lulusan sarjana hukum yang profesional, bisa menyelesaikan masalah hukum di masyarakat dengan mengedepankan nilai – nilai nasionalisme dan kebangsaan,

 “Kami bekerjasama dengan IKAL DIY dan KODIM karena keduanya itu concern (fokus, red) dibidang ketahanan dan pertahanan nasional yang tentunya di situ ada misi membangun wawasan kebangsaan dalam usaha – usaha pembelaan negara,” tuturnya usai penandatanganan MoU.

Dijelakan Sudiyana, pelaksanaan MoU dalam bidang pendidikan diantaranya adalah adanya kesepakatan jika FH UJB meminta untuk mengisi acara di Kampus, IKAL DIY dan KODIM Yogyakarta bersedia hadir. Demikian juga sebaliknya, kata dia, jika dosen-dosen FH UJB ingin mengikuti pendidikan di Lembaga Ketahanan Nasional (LEMHANNAS) bisa melalui IKAL DIY dan kemudian menjadi anggota IKAL DIY.

Selain itu, Sudiyana menambahkan, apabila mahasiswa FH UJB yang akan melakukan riset dan penelitian, bisa mencari narasumber-narasumber dari IKAL DIY maupun KODIM Yogyakarta, demikian juga dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat bisa bersinergi dengan kedua elemen tersebut,

“Itulah yang akan dibangun FH UJB bersama kedua elemen, baik IKAL DIY maupun KODIM Yogyakarta, karena visi –  misi kita sama, senafas, untuk membangun nilai-nilai kebangsaan. Harapannya ke depan mahasiswa bisa lebih memahami wawasan kebangsaan, kemudian bisa mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan itu di dalam kampus maupun dalam masyarakat,” imbuh Sudiyana.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua IKAL DIY, Sugiyanto Harjo Semangun menuturkan, IKAL memiliki tanggungjawab dalam melaksanakan, menjaga dan merawat empat konsesus dasar bernegara yaitu Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Undang Undang Dasar Tahun 1945 (UUD 45), dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karenanya, Sugiyanto menegaskan bahawa IKAL DIY berkomitmen untuk turut memantapkan nilai-nilai kebangsaan serta nasionalisme bersama seluruh elemen masyarakat DIY, termasuk dengan FH UJB yang merupakan institusi pendidikan tinggi,

“IKAL DIY menyadari jika  mahasiswa dan pendidikan tinggi merupakan bagian penting dalam pembangunan bangsa ini ke depan. Selain itu, FH UJB memiliki visi yang selaras dengan IKAL, yaitu mencetak sarjana ahli hukum yang unggul, berwawasan kebangsaan, berjiwa nasionalis serta patriotis. Mudah-mudahan dengan MoU ini, apa yang menjadi harapan UJB juga harapan IKAL, dapat terwujud,” harapnya.

Hal senada diungkapkan, DANDIM Yogyakarta, Letkol Inf Bram Pramudia. Menurutnya KODIM Yogyakarta mengapresiasi dan menyambut baik penandatanganan MoU dengan FH UJB. Sebab, kata Bram, MoU bertujaun untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dalam memahami dan mengimplementasikan nasionalisme dan nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan kampus maupun masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi,

“Antara FH UJB dan KODIM bersepakat dan setuju untuk mengadakan kerjasama yang saling  memberi manfaat sesuai bidang kegiatan masing-masing, saling bersinergi dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan tinggi. Harapannya dengan ditandatanganinya MoU ini, kerjasama antara FH UJB dan KODIM 0734/Yogyakarta akan semakin meningkat,” pungkas Bram Pramudia.

Usai penandatanganan sekaligus mengawali pelaksanaan MoU, DANDIM Yogyakarta, Letkol Inf Bram Pramudia dan Pengurus IKAL DIY, AKBP Zainal Arifin, SH memberikan materi nasionalisme dan wawasan kebangsaan dalam Stadium General yang diikuti ratusan mahasiswa baru FH UJB. (rd)

Redaktur: Ja’faruddin AS


 





Baca Juga