Lanal Yogyakarta Ikuti Gelar Kekuatan TNI Pada Upacara Peringatan HUT TNI Ke-73


Salah satu alutsista milik TNI AL dalam Gelar Kekuatan TNI Pada Upacara Peringatan HUT TNI Ke-73 di Yogyakarta.Foto:Pen. Lanal Yogyakarta

YOGYAKARTA - Tepat tanggal 5 Oktober 2018 hari ini, Tentara Nasional Indonesia telah memasuki usianya ke-73 tahun. Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta- Lantamal V menggelar kekuatan  pada parade dan defile upacara peringatan HUT TNI Ke-73 Tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tahun 2018  bertempat di pelataran Musium Serangan Umum 1 Maret Jl. Malioboro Yogyakarta pada Jumat pagi (05/10/18).

Pada peringatan HUT TNI Ke-73 yang digelar serentak wilayah Indonesia dan secara nasional dipusatkan di dua tempat yakni kota Sabang-Aceh dan Merauke-Papua dengan mengusung tema " Profesionalisme TNI Untuk Rakyat". Adapun upacara HUT TNI tingkat Provinsi DIY tersebut, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) adalah Gubernur Akademi TNI Angkatan Udara (AAU) Marsda TNI Sri Mulyo Handoko S.IP, M.AP dan selaku Komandan Upacara (Danup) Danyonif 403/WP Letkol Inf Agus Indra Gunawan yang dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta GKR Hemas, Danrem 072/Pmk Brigjen TNI M. Zamroni, S.IP, Danlanud Adisucipto Marsma TNI Ir. Tedi Rizalihadi, Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd serta para ketua elemen masyarakat DIY.

Amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, S.IP pada upacara HUT TNI Ke-73 yang dibacakan Gubernur AAU antara lain disampaikan bahwa tema pada peringatan HUT TNI Ke-73 singkat namun padat ini mengandung makna bahwa TNI senantiasa berupaya meningkatkan profesionalismenya melalui berbagai pendidikan, latihan, persenjataan, alutsista serta dipenuhi kesejahteraannya oleh negara adalah semata-mata untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia, TNI telah terlibat dalam penanggulangan bencana di berbagai daerah, mulai dari kejadian luar biasa gizi buruk di Asmat Papua, letusan Gunung Agung di Bali, kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatera, serta gempa bumi di Lombok dan Palu.
merupakan wujud profesionalime TNI untuk rakyat. Panglima TNI juga menekankan terkait netralitas TNI pada pelaksanaan Pemilu Tahun 2019.

Acara pokok pada upacara yakni Pengucapan Sapta Marga oleh 3 Perwira Pertama (Pama) tiap matra TNI AD, TNI AL dan TNI AU, penghormatan kepada lambang-lambang kesatuan, penganugerahan Tanda Kehormatan Negara (TKN) dari Presiden RI kepada prajurit perwakilan 3 Matra serta Andhika Bhayangkari dengan peserta upacara terdiri 1 SST Korsik Lanud Adisutjipto, 1 SST Gabungan Wanita TNI, 1 SST Gabungan Pamen, 1 SST Gabungan Pama, 1 SST TNI AD, 2 SST TNI AL/Lanal Yogyakarta, 2 SST TNI AU, 2 SST Brimobda DIY, 2 SST Gabungan PNS TNI, 1 SST Pam DIY/Paksikaton, 1 SST Menwa Mahakarta dan 1 SST FKPPI DIY.

Adapun sebagai acara tambahan adalah pemotongan tumpeng oleh Forkompinda DIY, penampilan ketangkasan bela diri Yong Modo oleh Yonif 403 dan Tarung Derajat oleh Denhanud Paskhas 474 TNI AU, pementasan sosio drama perjuangan TNI dari masa ke masa dan perjuangan Panglima Besar Jendral Sudirman oleh komunitas '45 Yogyakarta, penampilan marching band Gita Dirgantara Taruna AAU, kirab budaya, defile pasukan dan alutsista TNI. Selaku pejabat penerima devile Gubernur AAU didampingi Gubernur DIY, Danrem 072/Pmk, Danlanud Adisucipto, Kapolda DIY dan Danlanal Yogyakarta.

Sebagai penutup acara ditampilkan defile alutsista TNI berupa kendaraan taktis (Rantis) dan kendaraan tempur (Ranpur). Pada defile Alutsista TNI tersebut, Lanal Yogyakarta menampilkan alutsista TNI Angkatan Laut antara lain Rantis Kopaska, alutsista Korps Marinir terdiri tank amphibi BMP 3F, panser amphibi LVTP 7, roket vampire RM 70-40 laras, mobil radar Huges, opleger truk Wanshang sebagai transpoter tank dan parade perahu karet Lanal Yogyakarta, seluruh rangkaian gelar kekuatan pada upacara peringatan HUT TNI disaksikan dan menjadi tontonan sangat meriah, baik oleh warga Yogyakarta maupun para wisatawan dalam negeri dan luar negeri yang sedang berkunjung di pusat kota Yogyakarta sebagai kota wisata.

Selain parade dan defile pada upacara, dalam rangkaian Peringatan HUT TNI Ke-73 Lanal Yogyakarta juga akan ikut serta dalam gelar Pameran Alutsista TNI dengan menampilkan Sistem Senjata Armada Terpadu TNI Angkatan Laut yang handal dan berteknologi canggih di Lanud Adisucipto pada tanggal 6-8 Oktober 2018. (*)

*Sumber: Keterangan Pers Pen Lanal Yogyakarta


 





Baca Juga