Melatih Keberanian dan Cinta Alam, Siswa TK ABA Dhuri Berpetualang di Kampung Flory

SLEMAN – Puluhan siswa Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal  (TK ABA) Dhuri Tirtomartani, Kalasan, Sleman, mengikuti kegiatan outbond di kawasan wisata Kampung Dewi Flory Jogja, Sabtu (05/01/2018).

Dengan didampingi guru dan pemandu, para siswa berkeliling Kampung Flory dan mengikuti aneka games alam.

Kepala sekolah TK ABA Dhuri, Sri Widyastuti, S.Pd mengatakan, kegiatan berpetualang atau outbond di Kampung Flory merupakan program belajar di luar sekolah. Menurutnya tujuan dari outbond adalah untuk melatih keberanian dan kemandirian anak serta menanamkan rasa cinta alam,

“Selain belajar di dalam kelas, kami juga ada belajar di luar kelas. Di sini kami ajak anak-anak bermain di alam bebas, mengenal berbagai macam tanaman, bagaimana menanam pohon serta merawatnya, juga mengajarkan kebersihan lingkungan,” ujarnya di sela-sela acara.

Sementara itu, pemandu outbond, Aris GMC mengatakan, konsep outbond untuk anak-anak TK berbeda dengan anak – anak Sekolah Dasar dan jenjang  sekolah di atasnya. Dalam memandu, kata Aris, faktor keamanan sangat ia utamakan,

“Kalau anak-anak TK materinya yang penting adalah belajar sambil bermain yang menyenangkan, kemudian wahana yang digunakan juga yang sederhana saja, seperti bermain di arena air,” ujarnya.

Salah seorang siswa TK ABA Dhuri, Muadz Fadi Abdalla (6) mengaku senang mengikuti out bond di Kampung Flory,

“Seneng banget, main disini, main air, main tanaman, asyik,” ujarnya dengan wajah ceria.

Dalam mengikuti rangkaian permainan outbond, anak-anak  nampak antusias dan riang gembira. Usai mengikuti outbond, banyak anak-anak yang ikut mecoba terapi ikan dokter (Garra Rufa) yang banyak dipelihara di Kampung Flory. (kt1)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com