Sabtu, 05/01/2019 20:06 WIB | Dibaca: 165 kali

Presiden Jokowi Hadiri Dhaup Ageng Putra Mahkota Puro Pakualaman


KGPAA Paku Alam X menyambut kehadiran Presiden Joko Widodo pada Dhaup Ageng putra mahkota Pakualaman. Foto: Fas

YOGYAKARTA  - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Pahargian Dhaup Ageng (pernikahan) Putra Mahkota Pakualaman di Bangsal Sewatama Puro Pakualaman, Sabtu (05/01/2018).

Jokowi datang hanya sekitar 10 menit untuk mengucapkan selamat kepada mempelai berdua, BPH Kusumo Bimantoro dan Maya Lakhsita Noorya. Bahkan Jokowi Tak sempat duduk langsung berpamitan untuk tugas kenegaraan lainnya.

Jokowi tiba di depan Bangsal Sewatama Istana Puro Pakualaman tepat pukul 11.00 WIB, didampingi ibu negara, Iriana Jokowi Widodo  dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Setelah keluar dari pintu mobil RI 1, Jokowi yang berbusana setelan jas berwarna biru dengan paduan dasi merah dan kemeja warna putih, sempat berbalik badan beberapa detik untuk membenahi bajunya.

Kemudian, Jokowi masuk ke Bangsal Sewatama disambut kerabat Pakualaman serta penerima tamu lainnya. KGPAA Pakualam X beserta GBRAy Pakualam turut menyambut dengan menyalami di lantai bawah bagian depan Bangsal Sewatama.

Selanjutnya Jokowi mengisi buku tamu sebelum naik ke Bangsal Sewatama untuk memberikan selamat kepada kedua mempelai.

Di dalam bangsal sudah menunggu sejumlah tamu VVIP antara lain para putri HB X seperti GKR Bendara, GKR Mangkubumi. Setelah mengucapkan selamat, Jokowi bersalaman dengan para tamu VIP dan meninggalkan Bangsal Sewatama.

Sebelum masuk ke dalam mobil, Jokowi sempat menjawab pertanyaan sejumlah awak media. Ia mengatakan hadir untuk memberikan selamat kepada Putra Mahkota Pakualaman yang digelar hari ini,

“Saya mengucapkan selamat dan mendoakan semoga dapat membangun membina keluarga sakinah mawaddah wa rahmah,” ujarnya.

Jokowi menilai momentum Dhaup Ageng tersebut merupakan prosesi yang sakral dan dihelat di tempat sakral pula. Selain itu ada nilai budaya dalam DhaupAgeng

“Ini perkawinan yang sangar sakral di tempat yang sangat sakral,” kata Jokowi singkat.

Sementara itu, menurut Abdi Dalem Perpustakaan dan Pawiyatan PuroPakualaman, Mas Riyo Dwijo Hutomo mengatakan, dalam Dhaup Ageng tamu pejabat kerajaan dan Negara yang diundang pada hari ini sekira 2.000 undangan,

“Untuk tamu sahabat, rekan, kerabat dan masyarakat umum diundang pada Minggu (06/01/2019) mencapai 4.400 tamu,” katanya. (kt1)

 

Redaktur: Faisal

 

Berita Terkait

 





Baca Juga