Bentuk Sikap Disiplin, Siswa SMA BIAS Dilatih Prajurit Kodim Yogyakarta


Siswa SMP dan SMA Bias mengikuti pelatihan kedisiplinan dengan instruktur Prajurit Kodim 0743/Yogyakarta. Foto: ist

YOGYAKARTA – Ratusan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) BIAS Yogyakarta mengikuti latihan kedisiplinan dengan instruktur dari Kodim 0734/Yogyakarta. Latihan dilaksanakan selama sepekan, mulai tanggal 04 sampai 10 Januari 2019.

Kepala Sekolah SMP BIAS, Aya Andawiyah, S.E, mengatakan, latihan diikuti sebanyak 152 orang siswa yayasannya, yang terdiri dari 111 orang siswa SMP dan 41 orang siswa SMA. 

Menurutnya, pelatihan digelar guna melatih anak didik agar meningkatkan dan memantapkan khususnya kedisiplinan, pembentukan karakter dan juga wawasan kebangsaan, dalam hal ini Bela Negara,

“Kami bersyukur karena dalam menyelenggarakan pelatihan ini kami bisa bekerjasama dengan Kodim0734/Yogyakarta untuk menjadi instruktur atau Pembina dan pelatih,” katanya.  

Para siswa memperoleh pelatihan pembinaan kedisiplinan oleh instruktur dari anggota Kodim 0734/Yogyakarta, yaitu Sersan Mayor Edy Supriyanto anggota Staf Teritorial Kodim 0734/Yogyakarta beserta 4 orang anggotanya yaitu Serka Bambang, Sertu Sih Winardi dan Sertu Agus Sertu Suwanto.

Menurut Serma Edy, untuk penguatan karakter generasi muda menjadi tugas generasi yang lebih tua, termasuk prajurit Kodim o734/Yogyakarta, sehingga ia dan rekan-rekannya dengan senang hati menjadi instruktur dalam kegiatan. 

Menurutnya, untuk penyampaian materi dibagi dua sesi dan tempat. Materi kedisiplinan diberikan dilingkungan Pondok dan untuk materi PBB diberikan dilingkungan sekolahan,

“Kami mulai dari pagi pukul 04.00 WIB sudah melaksanakan kegiatan pelatihan ini sampai dengan pukul 08.00 WIB setiap hari selama tujuh hari. Untuk pelaksanaannya sendiri ada dua tempat yaitu di SMP BIAS Jl. Mendung Warih, Sorosutan dan SMA BIAS, Jl. P. Wirosobo, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta” Ujar Serma Edi sebagai instruktur tertua dari Kodim 0734/Yogyakarta.

Sementara itu, Komandan Kodim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Bram Pramudia, S.E menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Sekolah SMP dan SMA BIAS  beserta para guru, yang telah mempercayakan kepada Kodim 0734/Yogyakarta untuk bekerjasama dalam melatih kedisiplinan kepada para siswa nya.

Disampaikan Dandim, penanaman Wawasan Kebangsaan dan Disiplin semenjak dini merupakan hal mutlak yang mendasari agar kelak dikemudian hari anak-anak dapat menjadi pribadi berwawasan Nasional Indonesia yang tangguh dan kokoh, terutama dalam membangun Bangsa dan Negara Indonesia dimasa yang akan datang,

“Melalui kegiatan tersebut, diharapkan mampu memberikan dasar tangkal bagi siswa dan siswi, terutama dalam menghadapi ancaman dampak negatif Globalisasi,” harapnya.

Dandim juga berharap, kegiatan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan disiplin siswa disekolah, dalam membentuk kebersamaan, persaudaraan, rasa senasib diantara para siswa-siswi,

“Sehingga terlahir jiwa korsa yang kuat diantara mereka dalam mendukung terciptanya situasi belajar dilingkungan pendidikan yang bermartabat dan maju sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tutupnya. (kt1) 

Redaktur: Faisal


 





Baca Juga