Hindarkan Remaja Terlibat Klitih, Dojo Tunas Nusa Harapan Buka Pendaftaran Gratis


Dojo Tunas Nusa Harapan menyatakan anti Klithih dan siap berprestasi. Foto: ist

SLEMAN - Tindakan kriminalitas Klitih yang akhir-akhir ini terjadi di Yogyakarta menuai keprihatinan masyarakat. Sebagai bentuk antisipasi remaja terlibat kasus hukum termasuk Klitih, Dojo Tunas Nusa Harapan (TNH) membuka pendaftaran peserta latihan gratis.

Pelatih sekaligus pembimbing Dojo TNH, Kompol Heli Wijayanto mengatatkan, fenomena remaja atau pemuda terlibat Klitih karena beberapa faktor. Salah satunya, karena para pelaku kurang pembinaan di tempat kegiatan yang positif,

“Salah satu kegiatan positif hindari kejahatan jalanan Klitih, yaitu dengan mengikuti olahraga bela diri Dojo TNH ini, energinya akan tersalurkan secara positif. Oleh karenanya kami mengajak masyarakat, terutama pemuda untuk bergabung dengan Dojo TNH. Perlu diketahui,  dalam latihan tidak dipungut biaya alias gratis,” kata  Heli di tempat latihan rutin Dojo TNH di dusun Pringwulung Conongcatur, Depok, Sleman, Minggu (13/01/2018).

Kompol Heli Wijayanto yang juga Kasi Binluh Ditbinmas Polda DIY mengungkapkan, selain menghindari hal-hal negatif, Dojo TNH juga mengarahkan generasi muda untuk berprestasi yang bisa membanggakan orang tua bahkan bangsa dan negara.

Dalam Dojo TNH, peserta dibentuk menjadi generasi muda yang berkarakter, antara lain paham dengan aturan baik aturan agama maupun bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kemudian, berahlakul kharimah dan mempunyai jiwa kemandirian atau tanggung jawab,

“Jangan sebaliknya senang klithah-klithih (keluyuran, red), sehingga mudah ikut-ikutan melakukan kejahatan di jalan dengan istilah Klitih, sehingga berurusan dengan pihak Polri yang ahirnya terhambat, bahkan gagal dalam meraih cita-citanya,” tandas Heli.

Oleh karenanya ia mengajak kepada generasi muda harapan bangsa untuk bergabung dalam PJSI DIY, khusus untuk Pengcab Sleman di Dojo TNH di Balai Desa Pringwulung, Condongcatur, Depok dan Balai Desa Argomulyo, Cangkringan, Sleman.

Heli menginformasikan, untuk latihan rutin dilaksanakan di Balai Desa Pringwulung, Condongcatur, Depok, setiap Minggu mulai Pukul 09.00 hingga 11.00 WIB dan Jum'at mulai Pukul 18.30 sampai 20.00 WIB. 

Sedangkan latihan Club' Mataram bertempat di balai desa Argomulyo Cangkringan Sleman, dilaksanakan setiap hari Selasa dan Sabtu Pukul 16.00 hingga 17.30 WIB

Para Dojo TNH dilatih oleh sinsei - sinsei (guru) handal antara lain sinsei  Yusuf (Dan 3), sinsei Sadio (Dan 3), sinsei Eko Purwanto (Dan 2).  Sebagai wasit nasional juga super visir adalah sinsei Harwanto (Dan 5),

“Mari kita bersama-sama hindarkan generasi muda dari kriminalitas dan membentuknya menjadi generasi yang berprestasi,” tutup Kompol Heli Wijayanto (rd)

Redaktur: Ja’faruddin. AS

 


 





Baca Juga