Fakultas Kedokteran Gigi UGM Pengabdian Masyarakat Bersama Lanal Yogyakarta

YOGYAKARTA – Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Gadjah Mada  (UGM) bekerjasama Keluarga Besar Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta menggelar Karya Bhakti Pengabdian Masyarakat, di aula  Markas Komando (Mako) Lanal Yogyakarta, Jl. Melati Wetan No 62 Baciro Yogyakarta pada Senin (14/01/2019).

Karya Bhakti Pengabdian Masyarakat terselenggara oleh para mahasiswa dan mahasiswi yang telah selesai menempuh program pendidikan dokter gigi spesialis FKG UGM.

Kegiatan mengusung tema “Generasi Gigi Sehat Membangun Bangsa”, melalui kegiatan penyuluhan atau edukasi, pemeriksaan dan konsultasi kesehatan gigi dan mulut”. Bertindak selaku Ketua Panitia, Kapten Laut (K) drg Slamet Riyadi, Spbmm yang merupakan perwira TNI Angkatan Laut yang selesai melaksanakan Tugas Belajar (Tubel) di spesialis bedah mulut di FKG UGM.

Acara pembukaan Karya Bhakti Pengabdian Masyarakat FKG UGM dihadiri Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta Letkol (Mar) Bambang Adriantoro, Dekan FKG UGM Dr. Drg Ahmad Syaifi, Sp Perio, Koordinator Pengabdian Masyarakat  FKG UGM Dr.drg Sri Suparwitri, SU., Sp.Ort, Ketua Cabang 8 Korcab V Daerah Jalasenastri Armada (DJA) II Ny. Santy Bambang Adriantoro, para Kepala Program Pendidikan (Kaprodi) dan dosen FKG UGM, perwira staf, ibu Jalasenastri serta prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta kurang lebih 100 orang.

Dalam sambutan Ketua Panitia, disampaikan beberapa hal antara lain ucapan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan Karya Bhakti bersama keluarga besar Lanal Yogyakarta, maksud dan tujuan kegiatan untuk memberikan layanan promotif dan preventif serta memberikan edukasi atau penyuluhan terkait pentingnya pengetahuan kesehatan gigi dan mulut, khususnya Ibu Jalasenastri karena ibu-ibu adalah pembentuk dan mencetak generasi bangsa yang sehat, cerdas dan berharga.

Sebagai sambutan Dekan FKG UGM dengan inti disampaikan bahwa kegiatan Karya Bhakti adalah bentuk pelaksanaan tugas perguruan tinggi yang salah satunya adalah pengabdian ke masyarakat, kegiatan ini bertujuan memberi pengetahuan dan meningkatkan derajat kesehatan terutama kesehatan gigi dan mulut dan memperkenalkan bahwa kedokteran gigi memiliki 6 spesialis yaitu Bedah Mulut, Konservasi Gigi, Periodontia, Orthodontia, Kedokteran Gigi Anak dan Prostodontia yang masing masing memiliki tugas pengabdian di masyarakat.

Adapun dalam sambutannya, Danlanal Yogyakarta menyampaikan antara lain ucapan terima atas terlaksananya Karya Bhakti oleh FKG UGM bersama keluarga besar Lanal Yogyakarta sebagai wujud kebersamaan dan kemanunggalan TNI bersama komponen masyarakat, khususnya bagi pihak FKG UGM semoga dengan kegiatan ini sebagai aplikasi dan langkah efektif dalam meningkatkan semangat kebersamaan, kepedulian dan rasa memiliki serta membantu meringankan kendala di masyarakat.

Acara seremonial pembukaan dilanjutkan penyerahan plakat dan cinderamata antara Danlanal Yogyakarta kepada pihak FKG UGM dan Ketua Cabang 8 Korcab V Jalasenastri Lanal Yogyakarta dan ditutup dengan doa bersama dilanjutkan kegiatan Penyuluhan, Pemeriksaan dan Konsultasi terkait kesehatan gigi dan mulut oleh para mahasiswa dan mahasiswi spesialis kesehatan gigi dan mulut didampingi Kaprodi dan dosen FKG UGM dengan diselingi pemberian doorprice kepada para peserta.(pr)

Sumber: Pen Lanal Yogyakarta

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com