Rabu, 30/01/2019 17:25 WIB | Dibaca: 445 kali

Lanal Yogyakarta Siap Mendukung Program Kemaritiman Gubernur DIY


Sri Sultan HB X menerima Kunjungan Danlanal Yogyakarta, Letkol Marinir Bambang Adriantoro. Foto: ist

YOGYAKARTA – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta  (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima kunjungan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta, Letkol Marinir Bambang Adriantoro, di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan Yogyakarta pada Rabu (30/01/2019) pagi.

Dalam kesempatan tersebut Sri Sultan menyampaikan pembangunan di DIY terkait kelautan, diantaranya pembangunan pelabuhan di Kulon Progo segera dilaksanakan dengan maksimal guna meningkatkan potensi yang ada di DIY. Selain dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat DIY, sekaligus untuk mengembalikan kejayaan maritim.

Sri Sultan juga  menyampaikan harapannya agar jumlah pelabuhan di pesisir selatan bertambah karena dengan begitu kegiatan perekonomian masyarakat nantinya akan jauh lebih hidup dan berkembang.

“Selain itu, penambahan infrastruktur pelabuhan juga diharapkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sekaligus sebagai titik keberhasilan pengembangan diri TNI AL dalam dalam menyejahterakan masyarakat,” tutur sri Sultan sebagaimana dikutip dari Siaran Pers humas Pemda DIY.

Danlanal Yogyakarta, Letkol Marinir Bambang Adriantoro yang baru saja dilantik mendukung kebijakan Sri Sultan.

“Untuk meningkatkan potensi kelautan yang ada di DIY memang diperlukan adanya pelabuhan yang nantinya akan mengakomodir tidak hanya kegiatan Angkatan Laut, namun juga mendukung seluruh potensi maritim baik wisata maupun ekonomi,” katanya.

Danlanal juga mengaku mendapatkan pesan khusus agar Lanal Yogyakarta harus lebih terlihat dalam mendukung pembangunan kemaritiman, khususnya di DIY,

“Ngarsa Dalem tadi menyampaikan bahwa Angkatan Laut harus lebih terlihat, karena mungkin selama ini memang kurang begitu menonjol, caranya ya dengan dengan pembangunan dan pengembangan pelabuhan dan terus menggali potensi di selatan Jogja yang notabene adalah lautan,” ujar Bambang.

Bambang juga menyampaikan bahwa selain untuk mengenalkan diri sebagai pejabat baru Lanal, kedatangannya juga untuk meminta arahan terkait dengan ketugasan Danlanal baru kepada Gubernur DIY. Terkait dengan arahan-arahan dari Gubernur DIY, menurut Bambang, Sri Sultan sempat menggarisbawahi mengenai pentingnya untuk menggali potensi wisata di selatan DIY yaitu Kulon Progo, Bantul dan Gunung Kidul.

Dengan membangun serta menggali potensi pariwisata di wilayah selatan ini, kata Danlanal, maka otomatis akan menaikkan kesejahteraan masyarakat. Karena priwisata dan ekonomi adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

“Lanal Yogyakarta siap melaksanakan apa yang menjadi arahan dan program dari Gubernur DIY. Peningkatan pariwisata Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul, itu menjadi salah satu yang nantinya akan menjadi perhatian lebih dari kami,” ucap Bambang.

Disinggung mengenai rencana peningkatan Pangkalan TNI AL (Lanal) menjadi Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) di Karangwuni, Kulon Progo, Bambang menyampaikan bahwa pihaknya belum merencanakan hal tersebut. Namun demikian, Bambang menyampaikan bahwa nantinya memang akan dibangun Lanal Tipe D di Kulonprogo. Mengenai teknis perencanaan Lanal Tipe D ini, Bambang menyampaikan belum ada pembicaraan lebih jauh, karena pihaknya masih menunggu keputusan Rapat Pimpinan TNI yang masih berlangsung. Namun Bambang menyampaikan apabila hal itu sudah disampaikan kepada Gubernur, dan disambut baik sehingga akan ditindak lanjuti untuk orientasi daerah Kulon Progo tersebut.

“Lanal Tipe D itu jumlah personil dan keluasan wilayah saja yang lebih kecil, namun kalau fungsi ketugasannya sama saja, memang kalau untuk detailnya kita masih menuju hasil pembahasan oleh para pimpinan ya, namun kalau orientasi memang sudah berjalan,” jelas Bambang.

Danlanal baru ini juga menyampaikan bahwa TNI AL akan mengembangkan strategi yang mengedepankan maritim, sehingga kemaritiman di Indonesia khusunya DIY akan semakin jaya.

“Sebagai perwakilan TNI AL di DIY ini, kami tentunya sangat berterimakasih dengan arahan-arahan dari Ngarsa Dalem, tentunya kami akan terus memantau wilayah selatan DIY ini agar nantinya bisa mengembangkan potensi wilayah selatan (DIY) ini,” pungkasnya. (kt1)

Redaktur: Faisal


 





Baca Juga