Latih Berorganisasi Sejak Dini, TK ABA Karang Kalasan dan PAUD At Talimah Outbond Bersama


TK ABA Karang Kalasan dan PAUD At Talimah outbond bersama. Foto: doc/atl

SLEMAN – Melatih anak-anak berorganisasi sejak dini, TK ABA Karang Kalasan dan PAUD At Ta'limah mengajak siswanya outbond bersama di Edu Park Cageran, Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Sabtu (16/02/2019)  

Kepala TK ABA Karang Kalasan, Nani Sukaryani, S.Pd.I mengatakan, outbond bertemakan “Cahaya Kebersamaan untuk Meraih Prestasi” diikuti 35 anak dengan dipandu 3 orang Guru TK ABA Karang Kalasan dan 3 orang Guru Paud At Ta'limah. Menurutnya kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajarkan kepada anak tentang beberapa aspek penting untuk tumbuh kembang anak,

“Kegiatan outbond ini diharapkan dapat memfasilitasi tercapainya beberapa aspek. Yaitu, pengembangan tim building, pengembangan kepemimpinan, pengembangan budaya organisasi, dan pengembangan diri,” kata Nani.

Dalam acara yang dimulai pukul 08.00 hingga 11.30 WIB tersebut anak-anak dengan dipandu guru serta instruktur bermain kelompok, kerja kelompok serta petualangan individu. Diantara permain tersebut, jelas dia, yaitu Funs Games, permainan yang menekankan unsur-unsur koordinasi, konsentrasi dan kebersamaan seperti bermain tepuk, melompat sesuai perintah sekaligus belajar konsentrasi, mencari teman sesuai jumlah yang di perintahkan gerak lagu,

“Low Impact Games, permainan bertemakan pembuatan perencanaan, efesien waktu tanggung jawab sosial, pendelegasian tugas, kejujuran, dikemas dengan suasana menantang. Antara lain, menanam biji bunga matahari dan membagikan biji bunga matahari siap makan pada kelompoknya masing-masing,” ujarnya.

Sedangkan High Impact Games, Nani menjelaskan, diantaranya menyajikan tema-tema pengendalian diri, peningkatan keberanian, kekuatan rasa percaya diri, keuletan pantang menyerah, permainan dengan tantangan tinggi beresiko kecil, dengan menggunakan alat pengaman.

“Bentuk permainannya Rafting atau Arung Jeram,” imbuhnya

Sementara itu, Kepala Lembaga PAUD At Ta'limah, Nanik Tri Ismawati menambahkan, dengan diadakannya outbond bersama, diharapkan akan  menumbuhkan sikap positif pada anak-anak,

“Diharapkan bisa menumbuhkan rasa percaya diri, menumbuhkan rasa keberanian mengambil resiko, meningkatkan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan, membangkitkan kepekaan dan saling pengertian antar kelompok, menumbuhkan motivasi dan berperan aktif, dan membangkitkan semangat baru,” harapnya.

Terkait alasan dipilihnya outbond di Edu Park Cageran, Nani Sukaryani menjelaskan karena dinilai cocok untuk anak-anak,

“Selain itu aman nyaman, asri, murah, biaya terjangkau, dekat dengan lembaga. Juga untuk meningkatkan sumber daya alam dan manusia yang ada di sekitar lembaga, karena tempatnya masih di sekitar Kalasan. Anak-anak sangat senang dan antusias" tambahnya. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

 

 


 





Baca Juga