Polri Sebut Yogyakarta Masuk Daftar Kota Madya Rawan Keamanan Pemilu 2019


Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo. Foto: ist

JAKARTA Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyebutkan Kota Yogyakarta masuk dalam daftar Kota Madya (KOdya) yang rawan keamanan Pemilu 2019. Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan untuk tingkat Kodya ada 10 kota yang diwaspadai rawan, yaitu Gorontalo, Jakarta Pusat , Jakarta Selatan, Depok, Ternate, Langsa, Kepulauan Tidore, Banjar, Bengkulu dan Yogyakarta.

Sedangkan untuk di tingkat kabupaten, daerah Papua dan Sumatera menjadi perhatian khusus. Di daerah itu tingkat kerawanan keamanan Pemilu 2019 cukup tinggi.

“Tingkat kabupaten adalah Pofendigul, Anambas, Halmahera Utara, Nduga, Puncak jaya, Nabire, Waroten, Namoramo Tengah, Sarmi, dan Jayawijaya,” katanya kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (01/03/2019).

Dikatakan Dedi, upaya Polri adalah memerintahkan para kapolda dan kapolres untuk mengantisipasi dan mencegah kerawanan Pemilu di daerah tersebut. Salah satunya, kata dia, dengan membentuk satgas-satgas khusus Pemilu 2019. Menurutnya, indeks kerawanan Pemilu yang dibuat Polri,   ada 5 dimensi, yaitu dari unsur penyelenggara, kontestasi, partisipasi masyarakat, potensi gangguan kamtibmas dan ambang gangguan kamtibmas,

“Sudah dipersiapan para Kapolda dan Kapolres. Saat ini kan ada 4 jenis ops yang telah dilaksanakan yakni ops mantap brara, satgasnus, satgas antimoney politik dan satgas khusus lainnya,” ujar Dedi. (kt7)

Redaktur: Hamzah

 

Berita Terkait

 





Baca Juga