Tim Inspeksi Puskesmas Gondomanan Apresiasi Kebersihan Bapas Yogyakarta


Tim Inspeksi Puskesmas Gondomanan disambut petugas Bapas Yogyakarta. Foto: Hennyra

YOGYAKARTA - Tim Inspeksi Puskesmas Gondomanan Yogyakarta meninjau Balai Pemasyarakaran(BAPAS) Yogyakarta, Sabtu (16/03/ 2019).

Tim yang dipimpin oleh Hermin Sunarti, ST  bersama 1 orang petugas Bactteriologis Nuzul Riati, Str KI Menindaklanjuti peninjauan dari Dinas Kesehatan, Puskesmas Gondomanan melakukan inspeksi ke Balai Pemasyarakatan kelas I Yogyakarta.

“Kami terkesan Bapas Yogyakarta dibawah kementerian Hukum dan HAM. Kami mengira susana akan kaku, tetapi luar biasa ternyata ketika masuk kedalam lobby kami disambut dengan keramahan oleh petugas piket, kesan kami WOW karena kantor kecil ini dengan bangunan tua bisa di tata dengan sedemikian rupa, taman yang asri harmoni dengan kicaun burung,” kata Hermin yang meninjau satu persatu ruangan dan sudut kantor dengan seksama.

Hermin juga menilai kebersihan, kerapian dan fasilitas sarana pendukung di Bapas Yogyakarta sudah bagus. Ia mengapresiasi ada tempat bermain anak dan ruang laktasi, juga ruang khusus merokok serta untuk kaum difable,

“Itu nilai plus dari penilaian kami,” ungkap Hermin didampingi petugas piket  PK Endang Budiningsih dan PK Jarot Wahyu.

“Di sudut ruang laktasi sudah sangat nyaman tetapi masih ada yang kurang yaitu bacaan tentang pengetahuan ibu menyusui untuk itu dari pihak puskesmas akan memberikan bantuan liflet liflet yang berhubungan dengan kesehatan ibu menyusui,” imbuhnya.

Selain itu, Hermin memeberikan masukan Ruang merokok agar ditambah lagi tanaman yang berfungsi menyerap asap rokok, dan disediakan asbak yang bisa dipakai bersama, serta tempat sampah yang ada dilapisi dengan tas plasktik hitam yang menandakan bahwa itu untuk umum.

“Bapas Yogyakarta merupakan wilayah perkotaan, diharapkan agar memperhatikan lubang lubang tikus dan menutupnya,” ujarnya.

Adanya ruang bermain anak dan penanganan klien anak di Bapas Yogyakarta serta klien yang berhubungan dengan narkoba, Hermin menyarankan agar membuat MoU dengan Puskesmas Gondomanan,

“Sehingga serta merta puskesmas Gondomanan secara insentif akan turut mengawasi kesehatan dan kebersihan lingkungan Bapas Yogyakarta terutama yang berkaitan dengan Kantin,” katanya.

Terpisah, Kepala Bapas Yogyakarta menyampaikan terimakasih atas perhatian dari Pihak Puskesmas  Gondomanan yang memberikan bantuan saran dan masukan untuk Bapas Yogyakarta,

“Hal itu sangat membantu pengembangan Bapas Yogyakarta menjadi lebih baik dan baik lagi, Tinjauan ini sangat mendukung untuk Bapas Yogyakarta mengikuti Lomba Kebersihan Tingkat Nasional dan menambah nilai untuk Bapas Yogyakarta menuju WBK WBBM,” tutur Ali  Syeh. (hen)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

 


 





Baca Juga