Senin, 18/03/2019 16:04 WIB | Dibaca: 158 kali

Sugiyanto Harjo Semangun Berikan Motivasi Anak Bimbing Yayasan ORBIT


Ketua IKAL DIY, Sugiyanto Harjo Semangun bersama Ketua Yayasan Orbit DIY, Prof. Dr. Hj. Aliyah Rasyid Baswedan. Foto: Ja'faruddin. AS

YOGYAKARTA – Ketua Ikatan Keluarga Alumni LEMHANNAS Daerah Istimewa Yogyakarta (IKAL DIY), Sugiyanto Harjo Semangun memberikan motivasi kepada puluhan Anak Bimbing (Anbim) Yayasan Amal Abadi Beasiswa Orang Tua Bimbing Terpadu Hasri Ainun Habibi ( YAAB Orbit HAH) Perwakilan DIY, Minggu (17/03/2019) di Sekretariat Orbit Yogyakarta, Jalan Kaliurang Km 5,5 Gg. Gempol, No.18 Yogyakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Sugiyanto yang berlatar belakang pengusaha memberikan rahasia suksesnya yang disebutnya dengan rumus K3J, singkatan dari Komunikasi, Koordinasi, Komitmen dan Jaringan. Dijelaskan Sugiyanto, K3J ia dapatkan bukan dari buku-buku, melainkan dari pengalaman pribadinya.

Sugiyanto yang asli kelahiran Dusun Jlapan, Desa Pondokrejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman terlahir dari keluarga sederhana. Sejak usia 5 tahun sudah yatim dan pada usia 12 tahun yatim piatu. Hidup dalam serba kekurangan sejak kanak-kanak tak membuatnya malas belajar dan putus sekolah. Kendati harus hidup menumpang dari saudara satu ke saudara yang lainnya, ia tetap bersekolah sambil bekerja.

“Saya masuk SMA 1 Medari Sleman karena saya ingin kuliah. Tapi selepas SMA tidak langsung kuliah. Saya pernah hidup menggelandang, jadi kernet angkutan, kerja apa saja supaya bisa mendaftar kuliah. Alhamdulillah akhirnya saya diterima di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, hingga melanjutkan S2 dan tujuh tahun saya di Inggris,” kata Sugiyanto yang di tengah kesibukannya masih melanjutkan studi S3 pada Program Studi Magister dan Doktor Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan Universitas Gadjah Mada (MDKIK UGM).

Lulusan Pendidikan Lembaga Ketahanan Nasional PPSA 17/2011 ini menjelaskan, seseorang tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri, sehingga harus bisa berkomunikasi yang baik dengan orang lain. Namun tidak cukup hanya berkomunikasi, melainkan harus berkoordinasi agar terjalin kerjasama yang baik. Kerjasama yang baik akan terbina jika memiliki komitmen,

“Jadi jangan sampai komunikasi dan koordinasi hanya saat butuh saja, tetapi harus ada komitmen untuk selalu menjaga hubungan baik dengan orang lain. Tentu saja, memerlukan kerja keras dan kejujuran jika ingin meraih sukses,” ujarnya di Sekretariat Orbit Yogyakarta yang sekaligus kediaman Prof. Dr. Hj. Aliyah Rasyid Baswedan, M.Pd, Ibu dari Gubernur DKI, Anies Baswedan.

Di sisi lain, Sugiyanto mengungkapkan, saat ini Bangsa Indonesia mengalami bonus demografi, dimana masyarakat Indonesia didominasi usia produktif. Namun ia menilai, daya saing Bangsa Indonesia masih rendah dibanding bangsa lain, padahal saat ini dunia memasuki Industri 4.0 atau disebut juga era disrupsi, dimana perubahan dunia sangat cepat dan radikal,

“Kalau tidak bisa mengambil peluang maka kita akan tertinggal. Kita masih kurang berdaya saing, terutama dalam hal teknologi. Indikator negara maju adalah ketika masyarakatnya disiplin, berdaya saing dan memiliki nasionalisme. Inilah yang menjadi PR (Pekerjaan Rumah) adik-adik,” tukasnya,

“Tapi saya optimis, Anak Bimbing Orbit Yogyakarta dibawah bimbingan Bunda Aliyah menjadi anak-anak muda yang sukses, dan insyaa Allah saya akan turut berkontribusi untuk Yayasan Orbit ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Prof. Aliyah menuturkan, perjuangan Sugiyanto Harjo Semangun patut dicontoh Anak Bimbing Orbit,

“Ada poin-poin penting yang perlu kita pelajari, yang menyebabkan Pak Sugiyanto sekarang menjadi seperti ini. Pak Gianto tidak jatuh, tidak menyerah begitu saja pada kehidupan yang begitu berat, kalau orang lain barangkali, ya sudah lah, saya menyerah apa adanya, tapi beliau survive sampai sekarang jadi. Poin-poin penting apa barangkali, tidak menyerah, punya visi ke depan, itu saya kira itu harus dipegang betul. Memanfaatkan peluang-peluang yang ada dan menggunakan potensi yang ada pada dirinya itu dengan sebaik-baiknya.  Barangkali ini juga merupakan bekal yang harus kita gunakan untuk semuanya,” tuturnya.

Sekadar informasi, penyampaian motivasi yang dipandu Master Ceremony (MC) Darmawan Budi Suseno atau yang akrab disapa ‘Mbah Darmo’ tersebut merupakan rangkaian acara penyerahkan beasiswa Orbit tahap pertama bagi Anbim S1 dan SMA/SMK.

Yayasan Orbit berdiri sejak 1994 dan berpusat di Jakarta dengan pembimbing Presiden RI ke 3, B.J Habibie. Yayasan yang berfokus untuk memberikan bantuan Pendidikan kepada anak-anak kurang mampu tersebut sudah memiliki ribuan alumni dan sudah banyak yang berhasil dalam berbagai bidang. (rd)

Redaktur: Ja’faruddin. AS  

 


 





Baca Juga