Gugus Paud VI Kecamatan Kalasan Siap Bersaing dalam Lomba Apresiasi Gugus PAUD Kabupaten Sleman


Lomba Apresiasi Gugus PAUD Kabupaten Sleman di Kecamatan Kalasan. Foto: Fefin Dwi Setyawati

SLEMAN –  PTK PAUD DIKMAS Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman menggelar Lomba Apresiasi Gugus PAUD Kabupaten Sleman, Rabu (20/03/2019) di 17 kecamatan.

Di Kecamatan Kalasan, lomba diselenggarakan di tiga tempat, yaitu di  TK ABA Kadisoka, KB Vanda Pertarini, dan TPA Al Kindy yang merupakan bagian dari Gugus PAUD VI.  

Lomba Apresiasi Gugus PAUD Kabupaten Sleman merupakan event tahunan. Lomba yang diselenggarakan di Kecamatan Kalasan merupakan hari ketiga, setelah dua hari sebelumnya digelar di Kecamatan Cangkringan dan Sayegan.

Pengawas TK/SD Kabupaten Sleman, Winarsih, SPd mengatakan, Lomba Apresiasi Gugus PAUD merupakan salah satu media dan sarana guru-guru dari lembaga – lembaga PAUD Formal (Taman Kanak Kanak) maupun PAUD Non Formal (Kelompok Bermain/KB, Satuan PAUD Sejenis/SPS, Taman Penitipan Anak/TPA), dalam menjalin komunikasi untuk meningkatkan profesionalitas pendidik.

Menurutnya, di Sleman terdapat 1200 PAUD Formal dan Non Formal sehingga penting untuk dilakukan pembinaan melalui Lomba Apresiasi Gugus PAUD,

“Ini terutama terkait sejauh mana kegiatan peningkatan kapasitas guru-guru PAUD. Sebab, guru berbasis kompetensi, merupakan fokus dari PKG,” ujarnya.

“Dari Kabupaten Sleman pernah satu kali mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta dalam mengikuti lomba apresiasi gugus di tingkat nasional,” imbuh Bunda Winarsih sapaan Winarsih SPd, yang sekaligus merupakan salah satu juri dalam lomba.

Adapun tim selaku Tim Juri Lomba Apresiasi Gugus PAUD Kabupaten Sleman antara lain, Dra. Sri Sumiyatun (Kasi PTK PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman), Winarsih SPd, Sri Mardiyanti ST, Sasmiyati SPd, Drs. Agus Widyatmoko, Jainudin Walid SPd, Haryanti, M.Pd.

Penilaian penjurian meliputi manajemen gugus, manajemen lembaga, kegiatan pembelajaran, sarana dan prasarana, partisipasi masyarakat, prestasi, dan keunggulan.

Ketua Gugus Paud VI Kecamatan Kalasan, Sukaesih,SPd AUD mengungkapkan Gugus PAUD VI terdiri dari 8 lembaga, yaitu Inti Gugusnya TK ABA Kadisoka di Dusun Kadisoka Purwomartani Kalasan dengan jumlah pendidik sebanyak 7 orang dan 75 siswa, serta Imbas Gugus diantaranya KB Vanda Pertarini di komperta Bromonilan Purwomartani, TPA Al  Kindy di Karangmojo Purwomartani, SPS Widowati di Karangmojo Purwomartani, TK Al Amin di Kadisoka Purwomartani, TK ABA Sambisari di Sambisari Purwomartani , TPA Amanah di Purwomartani, dan TPA Al Kahfi di Kadisoka Purwomartani.

Gugus PAUD VI pernah meraih Juara II tingkat kecamatan lomba apresiasi Gugus PAUD tahun 2018, dan Juara I tingkat kecamatan lomba apresiasi Gugus PAUD tahun 2019,

“Kami dari Gugus VI Kecamatan Kalasan untuk tahun 2019 ini mewakili lomba ke tingkat kabupaten, jadi tiap tahun diadakan lomba kegiatan apresiasi itu, bergantian, kebetulan tahun 2019 ini kami yang mendapat jatah untuk maju ke tingkat kabupaten. Di gugus kami ada 8 lembaga, dimana di gugus kami lengkap ada SPS, KB, TPA, dan TK. Karena Gugus PAUD itu terdiri dari kumpulan PAUD Formal dan Non Formal,” ungkap Sukaesih SPd AUD yang juga Kepala Sekolah TK ABA Kadisoka.

Ia berharap lembaga yang ada di Gugus PAUD VI bisa bersinergi maju secara bersama sama, bekerjasama memajukan lembaga dalam satu wadah, baik lembaga Formal dan Non Formalnya.

“Kami optimis, dari komentar para juri ketika penjurian dari partisipasi masyarakat sudah oke, karena kami benar-benar melibatkan semua unsur masyarakat, termasuk keterlibatan tokoh masyarakat, paguyuban hadroh, bazaar kelompok tani, dan lain lain yang turut memeriahkan. Kami semua di Gugus PAUD VI Kecamatan Kalasan sudah berusaha semaksimal mungkin, kalau nanti kami juara itu bonus.”

Sekadar informasi, pembukaan acara lomba yang dilangsungkan di TK ABA Kadisoka dimeriahkan penampilan Hadroh Al Istiqomah Kadisoka. Di TPA Al Kindy juga dimeriahkan oleh Hafalan Doa dan Lagu daerah dari siswa TPA Al Kindy, serta Senam Irama Ceria dan Tarian Jaranan oleh siswa SPS Widowati.

Hadir dalam acara, Camat Kalasan, Kasi Kesmas Kabupaten Sleman, KUA Kalasan, Kapolsek Kalasan, Koramil Kalasan, Kepala UPT Yandik Kalasan, Kepala Desa Purwomartani dan jajarannya. Selain itu, hadir pula Pengurus Aisyiyah, HIMPAUDI Kalasan beserta jajaran pengurus, IGTKI Kalasan, dan Forum PAUD Kalasan. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati


 





Baca Juga