Jumat, 29/03/2019 20:54 WIB | Dibaca: 154 kali

Fadli Zon: DPR Akan Perjuangkan Kesetaraan Guru PAUD


Fadli Zon. Foto:doc/jogjakartanews

JAKARTA – Terkait adanya tuntutan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) non formal untuk meminta disetarakan dengan PAUD Formal atau Taman Kanak-Kanak (TK), Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meminta kepada para guru PAUD untuk memberikan data dan masukan yang lebih komprehensif, 

“Saya sudah sampaikan agar mereka bisa menyampaikan aspirasi seperti halnya guru honorer. Nah ini akan lebih mudah bagi kita untuk merumuskan dan menyampaikan kepada pemerintah,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (28/03/2019).

Dikatakan Fadli, guru PAUD Non Formal meminta kemudahan dalam mendapatkan sertifikasi guru dan berharap mempunyai peluang untuk diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Selain itu, mereka merasa ada ketidaksetaraan perhatian pemerintah antara guru PAUD formal dan non-formal.

“Ketidaksetaraan itu diantaranya hak dalam memperoleh penghasilan di atas kebutuhan hidup minimum dan jaminan kesejahteraan sosial.  Saya kira ini gajinya memang jauh di bawah UMR (Upah Minimum Regional). Mereka mengatakan ada yang gajinya Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu,” ujar politisi Partai Gerindra ini.

Fadli mengaku, perjuangan guru PAUD dan TK dalam mendidik anak-anak Indonesia hingga kini belum mendapatkan perhatian. Padahal menurutnya, PAUD dan TK merupakan satu tahap pendidikan yang sangat strategis bagi anak, karena pada tahap pendidikan ini pembentukan karakter anak dimulai, 

“Kesejahteraan guru PAUD dan TK masih sangat rendah. Diperlukan perjuangan dari lembaga seperti DPR. Memang belum semua aspirasi yang diterima itu terpenuhi. Tapi itu semua tetap akan menjadi perhatian serius. Ada kemauan, itu bisa diselesaikan. Semacam ada diskresi,” tegasnya Fadli Zon. (kt3)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

 


 





Baca Juga