Jumat, 14/06/2019 20:24 WIB | Dibaca: 92 kali

Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, BNN Gandeng Kodim Yogyakarta


Acara Sosialisasi P4GN di Makodim 0734/Yogyakarta. Foto: ist

YOGYAKARTA - Komando Distrik Militer (Kodim) 0734/Yogyakarta bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Yogyakarta menggelar Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), AulaAmarta, Kodim 0734/Yogyakarta, Jumat (14/06/2019).

Sosialisasi yang diikuti jajaran prajurit baik Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS  tersebut dibuka oleh Komandan Kodim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Wiyata S. Aji, S.E., MDS.

Dalam sambutannya Wiyata mengatakan, sosialisasi P4GN kepada prajurit merupakan langkah positif dan bermanfaat dalam mewujudkan personel TNI yang kuat dan mampu berfikir sehat,

“Selain itu, penerapan program P4GN secara maksimal dan tepat terhadap prajurit di kesatuannya juga membantu pemerintah dalam menjamin sistem Pertahanan kuat dan mengantisipasi upaya pelemahan Negara Kesatuan Republik Indonesia maupun terhadap kemungkinan gangguan asing,” tuturnya.

Wiyata berharap, setiap personel TNI Kodim 0734/Yogyakarta mampu mengaplikasikan materi P4GN di kehidupan sehari-hari demi mengantisipasi diri agar tidak terjerat dampak buruk narkoba,

“Selain itu, juga berperan serta melakukan upaya pemberantasan dan pencegahan peredaran narkoba, baik di satuan, dilingkungan tempat bekerja dan ditempat tinggalnya masing-masing,” harapnya.

Wiyata menegaskan pihaknya siap bekerjasama dengan BNN untuk pencegahan penyalahgunaan Narkoba,

“Kodim 0734/Yogyakarta pada dasarnya siap membantu BNN kota Yogyakarta dalam rangka mensukseskan program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) khususnya di wilayah Yogyakarta,” pungkas Dandim.

Kepala BNN Kota Yogyakarta AKBP Khamdani, S.Sos dalam materinya menjelaskan, sosialisai P4GN sebagai salah satu upaya merealisaasikan program masyarakat sehat dan bebas narkoba oleh Pemerintah Republik Indonesia sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 dan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2011.

Selain untuk memberikan pemahaman terhadap jenis tanaman maupun obat-obat terlarang dan dampak buruknya,

“Tujuan utama pelaksanaan sosialisasi P4GN yaitu mengupayakan pencegahan dan pemberantasan terkait peredaran dan penyalahgunaan narkoba dengan melibatkan peran serta segenap elemen masyarakat dan instansi pemerintah,”ungkapnya.

Khamdani berharap koordinasi dan kerjasama antar instansi pemerintah terutama TNI-AD khususnya Kodim 0734/Yogyakarta dengan BNN Kota Yogyakarta dalam melakukan pencegahan dan pengawasan dapat terjalin dengan baik,

“Kami berharap kerjasama guna menjamin masa depan bangsa Indonesia bebas narkoba khususnya di wilayah Kota Yogyakarta,” kata Khamdani. (kt1)

Redaktur: Faisal


 





Baca Juga