Minggu, 04/08/2019 19:15 WIB | Dibaca: 128 kali

Komandan Kodiklatal Buka Penataran Istri Siswa Diktukpa Angkatan ke 48


Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan ke-48 . Foto: ist

SURABAYA - Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Dedy Yulianto didampingi Ketua Pengurus Gabungan (PG) Jalasenastri Kodiklatal Ny. Anti Dedy Yulianto secara resmi membuka penataran bagi istri Siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan ke-48 yang dilaksanakan di gedung Moeljadi Kesatrian Bumimoro Kodiklatal, Minggu (04/08/2019).             

Hadir dalam pembukaan penataran tersebut Pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal, para Direktur Kodiklatal, Inspektur Kodiklatal, Para Komandan Kodik dan Komandan Puslat dijajaran Kodiklatal. Selain itu hadir pula Wakil Ketua PG Jalasenastri Kodiklatal, Pengurus PG Jalasenastri serta para Ketua Cabang di jajaran PG Jalasenastri Kodiklatal.               

Dalam sambutanya Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto menyampikan ucapan selamat datang di Kodiklatal kepada ibu-ibu istri siswa Diktukpa angkatan ke-48 ta 2018. Di sinilah selama 10 bulan suami ibu-ibu menempuh pendidikan dengan segala suka dan duka untuk meraih cita-cita yang diinginkan sebagai Perwira TNI AL.

Untuk itu, sebelum penutupan pendidikan, pelantikan dan penyumpahan perwira dalam suatu upacara Prasetya Perwira,  ada kegiatan  penataran yang wajib diikuti oleh para istri  dengan  tujuan  memberi  bekal  pengetahuan  dan  wawasan  bagi  peningkatan  kualitas  pribadi  ibu-ibu  selaku  anggota Jalasenastri, ibu rumah tangga sekaligus seorang istri Perwira TNI AL.

Menurutnya beberapa  ceramah  yang  akan  disampaikan  nanti, tentu  membutuhkan  perhatian  dan  konsentrasi  yang  sangat  melelahkan.  Namun Komandan Kodiklatal berharap, agar ibu-ibu tetap mengikutinya dengan semangat dan suka cita, agar kegiatan ini bermanfaat secara optimal dan menjadi pengalaman yang berharga dalam kehidupan ibu-ibu sebagai anggota jalasenastri.

Selain sambutan Komandan Kodiklatal, penataran diawali dengan perkenalan Ketua PG Jalasenastri Kodiklatal Ny. Anti Dedy Yulianto beserta pengurus gabungan Jalasenastri, diawali Wakil ketua Gabungan Ny. Ken Tri Basuki, para kasi organisasi hingga para ketua cabang hingga dilingkungan Jalasenastri Kodiklatal.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Gabungan Jalasenastri juga mengucapkan selamat atas keberhasilan para suami peserta penataran yang sebentar lagi akan dilantik menjadi perwira. Lebih lanjut disampaikan bahwa Diktukpa merupakan pendidikan militer yang merubah status dari Bintara menjadi Perwira, yang berarti bahwa setelah pendidikan para suami ibu-ibu harus segera menyesuaikan dengan karier dan jabatan suami sehingga dipandang perlu untuk diberikan tambahan ilmu pengetahuan umum maupun ilmu tentang organisasi.

Penataran yang akan berlangsung selama satu hari tersebut diisi dengan berbagai materi yaitu organisasi Jalasenastri oleh Ketua PG Jalasenastri Kodiklatal, undang-undang KDRT dan Penyalahgunaan wewenang oleh Kabagkum Kodiklatal Letkol Laut (KH)Yopy Riri, S.H. M.H, fasion show baju Jalasenastri, pembekalan ketrampilan Echo print oleh pengurus PG Jalasenastri Kodiklatal, penyerahan cindera mata dan dilanjutkan penutupan penataran.(pr)

Sumber:Keterangan Pers Penerangan Kodiklatal, Minggu 04 Agustus 2019

 


 





Baca Juga